Rumput Laut, Peluang Investasi di Babel

Rumput laut peluang investasi di Babel

Gubernur Erzaldi mengunjungi Pantai Gusung di Desa Batu Beriga, Rabu (20/1/2021), foto : Ist

BabelTerkini.com, Lubuk Besar – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengunjungi Pantai Gusung guna memastikan PT Paidi Porang Indonesia untuk berinvestasi budi daya rumput laut di Desa Batu Beriga, Rabu (20/01/21).

“Jadi supaya investor bisa melihat secara langsung budi daya rumput laut kita. Karena waktu tanam rumput laut yang baik itu sekarang yakni periode Januari hingga akhir Februari. Saya juga ingin memastikan agar budi daya rumput laut seluas 5000 ha ini konsisten dan tidak berubah fungsi,” tegasnya.

Dirinya mengatakan bahwa potensi budi daya rumput laut menjadi perhatian Pemprov. Babel, mengingat komoditi ini baik dikembangkan. Ke depan akan dibuat nota kesepahaman dengan pihak perusahaan.

Disampaikannya, dengan adanya nota kesepahaman, diharapkan bisa memberikan rasa aman bagi para petani.

“Ini komitmen kami untuk memanfaatkan sumber daya alam dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat di Babel. Petani pun akan merasa aman karena mereka bisa memperoleh pendampingan dan yakin kalau hasilnya nanti sudah ada yang membeli sehingga mereka akan serius membudidayakan rumput laut,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan PT Porang Indonesia Adi mengatakan bahwa pihaknya mendukung Pemprov. Babel untuk membudidayakan rumput laut tersebut.

“Selain porang, kami siap membantu agar budi daya rumput laut ini menjadi salah satu komoditi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami pun siap membantu mendampingi petani mulai masa tanam sampai panen nantinya” ujarnya.

Gubernur Erzaldi menyambut baik kesediaan PT. Porang Indonesia untuk mendukung inovasi Pemprov.Babel, dalam menciptakan berbagai peluang usaha baru selain komoditi porang dan jahe merah yang sudah mulai dijalankan. (Diskominfo Babel)