Dukung Program E-TLE, Ini Kata Ketua Komisi I DPRD Babel

Ketua Komisi I DPRD Babel, Hellyana

Ketua Komisi I DPRD Babel, Hellyana

BabelTerkini.com, Pangkalpinang – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana ikut mendukung program yang dikedepankan oleh Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yakni program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE).

Dengan adanya program ini, petugas Polantas tidak perlu melakukan penilangan terhadap pelanggar, karena pelanggar lalu lintas akan ditindak melalui sistem tilang elektronik.

“Program ini merupakan inovasi, saya pikir ini bagus, memang kedepan sudah banyak berubah, semuanya serba ke elektronik,” kata Hellyana kepada babelterkini.com di Gedung DPRD Babel, Jumat (29/1/2021).

Menurut dia, program ini menekankan kesadaran masyarakat khususnya bagi para pengendara kendaraan bermotor agar selalu mematuhi aturan dan tertib berlalu lintas.

“Jadi yang ditekankan adalah kesadaran masyarakat dimanapun (berkendara-red), kalau penyesuaian pastilah ada kendala, tapi kalau untuk kedepannya saya pikir ini bagus,” ujarnya.

Untuk persiapan dan pelaksanaan program ini di wilayah hukum Provinsi Babel, diutarakan dia, Komisi I akan mengundang pihak Polda untuk membahas kesiapan fasilitas pendukungnya.

“Saya berpikir tadi memang bagaimana fasilitas kita, kalau fasilitas tidak ada berarti target-target tidak akan memenuhi yang akan membuat orang abai, kalau memang fasilitas seperti kamera CCTV itu tidak full, ada pengecualian di daerah-daerah tertentu,”

“Jadi penyediaan fasilitas itu dilakukan secara bertahap, target titik-titik lokasi (CCTV-red) nya yang dipasang itu di jalan-jalan raya,” pungkasnya. (DIE)