Tingkatkan Kesadaran Warga Untuk Vaksinasi, Dinkes Pangkalpinang Lakukan Jemput Bola

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang terus berupaya menggerakkan warga untuk aktif mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama agar mendapatkan vaksin.

Upaya ini dilakukan karena kesadaran masyarakat dinilai masih kurang. Oleh karenanya Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang melakukan jemput bola, adalah satunya dengan melaksanakan vaksinasi massal di Masjid Jamik Pangkalpinang, Jumat (12/3/2021).

Vaksinasi massal ini ditujukan kepada warga yang lanjut usia (lansia) dan tokoh agama termasuk pelayan publik. Sebab vaksinasi yang diberikan merupakan upaya percepatan pemberian vaksin Covid-19 tahap kedua bagi masyarakat.

“Selama ini kami tunggu di Puskesmas mereka tidak datang. Semoga dengan kehadiran kami di Masjid Jamik ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk vaksinasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim.

Dia mengungkapkan, pihaknya hari ini menargetkan sebanyak 500 hingga 1000 warga yang dapat melakukan vaksinasi Covid-19. Dari sekitar 7000 vaksin yang tersedia untuk Pangkalpinang Dinas Kesehatan telah memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada 2436 lansia dan 3591 pelayan publik, sehingga tersisa sekitar 2000-2500 dosis vaksin.

“Kita jemput bola karena capaian secara nasional Bangka Belitung masih rendah. Kalau di Pangkalpinang cukup tinggi dari 7000 sudah 5000 yang kita vaksin. Mudah-mudahan Pangkalpinang dapat mendongkrak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pencapaian vaksin,” terangnya.

Dengan demikian dia mengingatkan, agar peserta yang akan disuntik vaksin untuk membawa KTP-el dan menyerahkan nomor kontak seluler.

“Ini berguna karena sertifikat vaksinasi akan dikirimkan melalui nomor kontak tersebut, termasuk pendataan dan informasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selanjutnya,” pungkasnya. (EDI)