Walikota Pangkalpinang Buka Acara MTQH ke-29 Tingkat Kecamatan Gerunggang

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) membuka kegiatan acara Musabaqoh Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) ke-29 tingkat Kecamatan Gerunggang yang digelar di halaman kantor Kecamatan Gerunggang Sabtu (13/3/2021) malam.

Pembukaan acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK, Monica Haprinda, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Kabag Kesra Kota Pangkalpinang, Ketua MUI Kota Pangkalpinang, Ketua DMI kota Pangkalpinang, Camat Gerunggang.

Kemudian turut hadir juga Ketua Tim PKK Kecamatan Gerunggang, Dewan Hakim, Kapolsek Kecamatan Gerunggang, Danramil, lurah se-Kecamatan Gerunggang, Babinsa dan Babinkamtibnas, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

MTQH tingkat kecamatan Gerunggang, dengan tema ” Kita tingkatkan silahturahmi melalui prestasi menuju Qurani yang mandiri”. Pelaksanaan acara ini dimulai dari tanggal 13-15 Maret, yang diikuti oleh para peserta sebanyak 210 orang dengan Sumber dana dibebankan pada APBD kota Pangkalpinang serta sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat.

Dalam sambutannya, Walikota Molen menyampaikan rasa kagumnya pada pelaksanaan MTQH ini. Menurut dia, selama dua tahun ini semua kecamatan mulai menunjukan busana dan gaya yang terlihat banyak perubahan untuk membuat pelaksanaan MTQH ini jauh lebih menarik.

“Pada malam ini saya melihat pelaksanaannya luar biasa untuk sekelas kecamatan mengalahkan tingkat kabupaten,” ucap Molen.

Pada kesempatan itu, dia juga melihat kecamatan Gerunggang sebagai kecamatan yang patut di acungi jempol. Dia pun berharap Kecamatan Gerunggang bisa mempertahankan juara umumnya.

“Malam ini Pak Camat saya nilai top dan mantep, mudah-mudahan Gerunggang jadi juara umum kembali, saya lihat potensinya luar biasa,” pujinya.

Selain itu, dia juga memberikan semangat kepada qori dan qoriah agar kedepannya bisa menjadi juara umum di tingkat kota dan provinsi.
“Kepada qori dan Qoriah semangat untuk tanding ditingkat kota untuk juara umumnya 1, 2, dan 3 akan diberikan motor dan kepada dewan hakim tolong bimbing anak-anak kita biar jadi yang terbaik saya berharap Pangkalpinang bisa menjadi juara umum tingkat provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Camat Gerunggang, Khotaman Barkah menyebutkan, ada beberapa penilaian yang diambil dari penampilan para peserta dalam mengikuti lomba MTQH ini untuk menentukan sang juara.

“Pertama, nilai spiritual pelaksanaan MTQH ini sebagai syiar dan dakwah, yang kedua nilai sosial dimana kita hadir disini untuk bersilahturahim bersapa bertanya kabar yang insyaallah dengan bersilaturahim kita dapat memperpanjang umur kita,” sebutnya.

“Kemudian yang ketiga yaitu budaya dimana maksud dan tujuan kita melaksanakan kegiatan ini agar masyarakat kita para orang tua dan anak anak nya dapat membudayakan membaca Alquran disetiap kesempatan, yang keempat nilai apresiasi dari pemerintah ke warganya yang telah ikut serta dalam pelaksanaan MTQH ini,” sambungnya.

Penutup, Khotaman juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pangkalpinang yang telah menyempatkan diri untuk hadir membuka acara MTQH di Kecamatan Gerunggang ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Walikota dan ibu yang hadir untuk membuka langsung acara ini, karena tahun-tahun sebelumnya belum pernah kegiatan MTQH ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Pangkalpinang,” ucapnya. (EDI)