UBB Umumkan 518 Peserta Lolos SNMPTN 2021

Foto Ist

Foto : Ist

BABELTERKINI.COM, MERAWANG – Universitas Bangka Belitung (UBB) mengumumkan kelulusan bagi calon mahasiswa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Senin (22/3/2021) sore.

Sebanyak 518 peserta SNMPTN 2021 dinyatakan lolos ke UBB yang terdiri dari 20 pilihan program studi (prodi).

Para peserta SNMPTN yang memilih UBB dapat mengecek kelulusannya di laman pengumuman snmptn.ac.id dengan cara memasukkan Nomor Pendaftaran SNMPTN 2021 dan Tanggal Lahir Peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem LTMPT, atau di laman www.ubb.ac.id.

Dilansir dari berita sebelumnya, total yang mendaftar di UBB berada diangka 3.164 siswa, dan angka ini melonjak naik hingga 125 persen dibanding tahun sebelumnya.

Rektor UBB, Ibrahim MSi menjelaskan, jalur SNMPTN adalah proses seleksi pertama masuk PTN. Di UBB, mahasiswa yang diterima di jalur ini lebih kurang 30% dari ketentuan minimal 20%.

“Kami mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa yang diterima. Tentu kami berharap agar calon mahasiswa yang telah diterima memastikan melakukan registrasi ulang,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, pilihan yang sudah diambil tentu harus dipastikan dan ditekuni, karena kesempatan untuk kuliah di PTN melalui jalur ini adalah kesempatan langka.

“Para pendaftar kami harapkan untuk melakukan registrasi untuk memastikan peluang kuliah di PTN tidak hilang. Langkah sesudah ini tentu adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan melakukan tahapan pendaftaran ulang,” terang Ibrahim.

Bagi yang belum lulus, ada kesempatan di SBMPTN dan di SMMPTN-Barat.

“Persiapkan diri dengan baik untuk ikut jalur berikutnya,” tambah Ibrahim.

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UBB Nizwan Zukhri mengucapkan selamat dan mengimbau kepada peserta yang lulus SNMPTN dan diterima di UBB, melakukan tahap verifikasi secara online.

“Selamat bergabung di kampus unggul membangun peradaban, dan bagi yang lolos untuk segera memperhatikan jadwal & persyaratan pendaftaran,” tegas Nizwan.

Adapun untuk pengisian biodata secara online di laman http://siakad.ubb.ac.id/ubb/pmb.zul atau http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul pada tanggal 23 Maret sampai dengan 16 April 2021.

“Calon mahasiswa wajib mengunggah dokumen dalam bentuk jpg/pdf, ukuran maksimal 500kb dan mengisi biodata lainnya sesuai dengan ketentuan yang ada di web ubb,” kata Nizwan.

Dia melanjutkan, bagi calon mahasiswa yang tidak menyelesaikan pengisian biodata dan mengunggah dokumen yang telah ditentukan secara lengkap sampai batas waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

“Bagi yang telah menyelesaikan verifikasi online wajib mencetak bukti Verifikasi online,” jelas Nizwan.

Pengumuman calon mahasiswa yang lolos verifikasi dan informasi mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar setiap semester dapat dilihat di laman: pmb.ubb.ac.id, tanggal 19 April 2021 mulai pukul 15.00 wib.

Bagi calon penerima KIP Kuliah belum perlu membayar UKT sampai dengan di terbitkannya Surat Keputusan Rektor tentang penetapan penerima KIPK-UBB Tahun 2021. (EDI/REL).