Indonesia Harus Siap Menuju Era Transformasi Digital

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Henri Subiakto mengatakan, dalam menghadapi era transformasi digital saat ini, pihaknya tengah mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di berbagai penjuru tanah air agar pada 2023-2024 seluruh kelurahan dan desa di Indonesia dapat terjangkau jaringan 4G.

“Dari 83.218 desa di seluruh Indonesia, yang belum bisa mengakses internet sampai hari ini ada 12.548 desa,” kata Henri saat menggelar acara diskusi dan tanya jawab bersama insan pers di Hotel Santika, Selasa (23/3/2021).

Dia merinci, dari 12.548 desa yang belum terjangkau internet 4G itu mayoritas tersebar di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) yang jumlahnya sebanyak 9.113 desa, dan ada pula desa yang tidak berada di daerah 3T yang belum terjangkau internet 4G, yakni sebanyak 3.435 desa.

“Sampai tahun 2023-2024 itu harus selesai, Presiden Jokowi minta seluruh desa sudah dapat terjangkau jaringan internet dan betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai daerah seluruh Indonesia,” terangnya.

Oleh karenanya, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi transformasi digital, sebab menurut dia, dewasa ini digitalisasi sudah berkembang sangat pesat dan tidak bisa dihindari lagi.

“Maka media-media pers perlu juga ikut membantu menyiapkan masyarakat supaya bisa menghadapi transformasi digital secara siap, produktif, dan bukan malah tidak kontra produktif,” ujarnya.

“Selain itu kita juga menyasar kepada para penyandang disabilitas, mereka juga harus tahu bahwa kita sedang moving menuju transformasi digital, mereka juga perlu dipersiapkan,” tandasnya. (EDI)