Saka Bahari Binaan Lanal Babel Explore Pulau Pongok dan Celagen

Foto Ist
Foto Ist

BABELTERKINI.COM, PONGOK – Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung menggelar kegiatan Seascout Explore di Pulau Pongok dan Pulau Celagen, Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan ini dimulai pada Jumat, (9/4/2021), yang diikuti oleh 25 anggota, didampingi enam instruktur dan Pamong Saka.

Wakil Ketua Pinsaka Bahari Babel, Muhammad Irham menerangkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang mengasah pengetahuan dan keterampilan kebaharian bagi adik-adik pramuka dengan metode learning by doing.

“Selama kegiatan, adik-adik pramuka akan menikmati perjalanan laut dengan kapal kayu selama kurang lebih 4 jam, mereka juga akan melihat langsung kehidupan masyarakat di pulau yang letaknya persis diantara Pulau Bangka dan Pulau Belitung,” kata M. Irham.

“Mengamati langsung proses penangkapan ikan dengan bagan perahu, mengamati proses pengolahan dan pengawetan ikan, dan kegiatan seru lainnya,” tambahnya.

Jalannya kegiatan ini menyesuaikan dengan adaptasi era kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Tentu saja kegiatan ini beradaptasi dengan era kebiasaan baru dengan menerapkan protokol pencegahan Covid 19,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Kwarran Pramuka Pongok, Kak Kamaludin menyambut baik kegiatan yang positif ini, dirinya pun membuka diri dan menerima kunjungan para peserta dari Pramuka Saka Bahari.

“Dengan kedatangan Pramuka Saka Bahari di Pulau Pongok dan Pulau Celagen ini bisa membantu mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal kepulauan Pongok kemasyarakat luas,” ujar kamaludin.

“Banyak tempat-tempat wisata di pulau pongok ini, tidak kalah dengan tempat wisata yang terkenal di indonesia,” tandasnya. (Rel)