Wagub Babel Beri Pembekalan Kepada KKDN Angkatan ke-59

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah beserta Forkopimda menyambut baik kedatangan Pasis (Perwira Siswa), Dikreg (Pendidikan Reguler), Seskoal (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut) Angkatan ke-59, yang akan bertandang ke Provinsi Babel. Untuk itu, Wagub Abdul Fatah memberikan pembekalan melalui video conference di Ruang Kantor Gubernur, Selasa (20/04/2021).

Pembekalan tersebut berupa penyampaian gambaran kondisi dan situasi terkini provinsi kepulauan Bangka Belitung mulai dari kondisi geografis.

“Provinsi Babel terdiri dari dua pulau besar Bangka dan Belitung dengan 470 pulau kecil yang mengitarinya. Luas total wilayah daratan 20,10% dan luas laut 79,90%. Pulau Babel ini termasuk ke dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I,” ujar Abdul Fatah.

Tak hanya itu, Abdul Fatah juga menyampaikan permasalahan isu strategis lainnya seperti pertumbuhan ekonomi di Babel yang dipengaruhi oleh pandemi yang terjadi pada tahun 2020, dimana permasalahan pandemi ini memengaruhi dunia Global, nasional, hingga ke berbagai daerah.

“Pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Babel berada pada 4,47%, kemudian pada 2018 berada di 4,45% dan 2019 year on year berada di 3,32%. Pada tahun 2020 pemperov babel mengalami kontraksi menjadi -2,3%, Sedangkan pada nasional terjadi kontraksi -2,07%,” terang Abdul Fatah.

Namun dirinya optimis pertumbuhan ekonomi Babel pada triwulan pertama 2021 bergerak kearah positif dengan mengupayakan pertumbuhan ekonomi dan meminimalisasi pertumbuhan penyebaran covid-19.

Beberapa sektor yang menopang pertumbuhan ekonomi di Babel saat ini diantaranya adalah Informasi dan komunikasi yang bertumbuh pesat dikarenakan banyaknya orang yang tinggal di rumah dan mengadaptasi new normal menggunakan teknologi. Selain itu sektor pertanian juga bergerak kearah yang baik.

Permasalahan penyebaran vaksin yang belum merata juga menjadi sorotan agar dapat segera bangkit dari bahaya keterpurukan ekonomi.

Semua pembekalan ini diterima dengan baik oleh Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis (Perwira Siswa), Dikreg (Pendidikan reguler), Seskoal (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut) Angkatan ke-59 TA 2021 yang akan berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Disampaikan oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia (TNI), Iwan Isnurwanto, jumlah siswa yang akan melakukan pendidikan terdiri dari 163 siswa TNI Angkatan Laut, 26 siswa TNI Angkatan Darat, 26 siswa TNI Angkatan Udara, 42 siswa Kepolisian RI, 42 siswa Mancanegara (Pakistan, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Singapura) dan didampingi oleh 40 dosen Seskoal di Provinsi Banten, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Natuna.

Adapun kunjungan tersebut merupakan kegiatan yang harus ditempuh oleh para perwira siswa seskoal yang dipersiapkan sebagai calon pemimpin dimasa depan agar mampu mengambil keputusan terbaik.

“Para perwira siswa Seskoal ini dipersiapkan sebagai calon pemimpin yang dapat mengambil keputusan terbaik dalam berbagai permasalahan yang dihadapi oleh daerah tujuan, khususnya dalam konteks ketahanan negara,” ujar Iwan Isnurwanto.

Dengan pembekalan tersebut, maka para siswa akan mampu melaksanakan pengumpulan data tentang potensi sumber daya nasional di suatu wilayah melalui penelitian berdasarkan analisis ancaman. (Rel)