Polda Babel Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Menumbing 2021

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapar koordinasi lintas sektoral tentang Kesiapan Pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing Tahun 2021 menjelang lebaran, Selasa (4/5/2021).

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan, rakor lintas sektoral ini dilaksanakan sebagai sarana evaluasi dan peningkatan kualitas kinerja khususnya terkait kesiapan pengamanan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kapolda mengungkapkan, permasalah yang timbul akhir-akhir ini menjadi dampak pengaruh perkembangan lingkungan berskala nasional baik yang bersumber dari masalah politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan terutama adanya dampak covid-19 sehingga hal ini diprediksi dapat mempengaruhi dinamika kamtibmas di masyarakat.

“Guna menghadapi ini maka pada hari ini kita laksanakan rakor kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 agar ditemukan solusi yang tepat sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan perayaan idul fitri tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kapolda.

Selain itu, Kapolda melanjutkan, guna menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat yang akan merayakan hari raya, Polda Babel bersama instansi terkait akan menggelar Ops Kepolisian Terpusat yakni Operasi Ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan deteksi dini dan penegakan hukum.

“Oleh karena itu rakor ini dilaksanakan sebagai upaya menyamakan pola tindak dalam kesiapan pengamanan perayaan idul fitri 1442 Hijriah diwilayah Bangka Belitung,” ujarnya.

Dengan dilaksanakan rakor ini, Kapolda mengharapkan rakor ini dapat memberikan gambaran umum rencana masing-masing dalam rangka pelayanan aspek yang dibutuhkan masyarakat pada perayaan hari raya idul fitri.

“Dengan demikian, hasil rapat kordinasi yang dilaksanakan hari ini dapat diintegrasikan dalam rencana kegiatan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat secara lebih efektif dan efesien,” tutup Kapolda.

Rakor lintas sektoral ini digelar di Gedung Tribrata Mapolda Babel, yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Babel, Wakapolda Babel, Brigjen Pol Umardani, Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi, dan Pejabat Utama Polda Babel.

Selain itu, kegiatan acara ini turut dihadiri oleh instansi terkait dari Dinas Perhubungan, Basarnas, Kanwil Menag, Ketua MUI, GM PLN, Jasa Raharja, Angkasa Pura II serta Sat Pol PP. (EDI/REL)