120 Warga Desa Nibung Terima Zakat dari ASN Pemprov Babel

BABELTERKINI.COM, PUDING BESAR – Sebanyak 120 orang penerima zakat dari ASN Pemprov. Babel terdiri dari para lansia, para janda, dan anak yatim. Pembagian zakat ini di berikan secara simbolis di wakili 5 orang saja oleh gubernur, guna menghindari kerumunan massal di masjid.

Dalam upaya meningkatkan syiar Islam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Gubernur Erzaldi Rosman pada hari ke-23 ibadah puasa Ramadan 1442 H, melaksanakan kegiatan Safari Ramadan di Masjid Nurul Iman Desa Nibung Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka, Rabu (05/05/21).

Rangkaian kegiatan Safari Ramadan kali ini di awali dengan salat Zuhur bersama masyarakat setempat, dilanjutkan dengan penyerahan santunan zakat dari ASN Pemprov. Babel yang dikumpulkan melalui BAZNAS Babel, diserahkan langsung oleh gubernur.

Kedatangan gubernur dan rombongan disambut hangat oleh para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga setempat di Masjid Nurul Iman dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Orang nomor satu di Babel ini dalam arahannya menyebutkan bahwa, dirinya sangat senang bisa bersilaturahmi dengan warga desa, sehingga bisa melihat secara langsung kondisi masyarakat di desa tersebut.

“Saya bersyukur sekali bisa ketemu dengan warga di sini, karena selaku kepala pemerintah daerah di Babel saya harus mengetahui keadaan warga di sini, dengan demikian kita bisa menyerap aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Menurut gubernur, kegiatan Safari Ramadan ini merupakan kegiatan rutin Pemprov. Babel yang selama ini di lakukan pada malam hari. Namun karena adanya wabah Covid-19, maka dilakukan di siang hari guna menghindari terjangkitnya Covid-19.

“Untuk itu, Protokol Kesehatan harus ditingkatkan, karena orang yang terjangkit Covid-19 tiap hari cenderung meningkat. Makanya harus pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan massal. Oleh karena itu, kami adakan Safari Ramadan di siang hari,” tuturnya.

Bang ER (panggilan akrab gubernur) menuturkan, kedatangan dirinya selain untuk bersilaturahmi, juga untuk menyerahkan santunan zakat kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Uang zakat ini per orangnya dapat Rp500.000, uang ini jangan dibelanjakan pada hal yang tidak penting, belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tegas bang ER.

Sementara itu, ketua masjid yang bernama Zulham mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, karena kehadiran orang nomor satu di Babel ini sangat diharapkan warga.

“Terima kasih bapak gubernur datang ke desa kami, karena kehadiran gubernur sudah di nanti-nantikan oleh warga. Dengan kehadiran gubernur, banyak hal yang ingin kami sampaikan di antaranya, minta bantuan rehab masjid. Karena masjid sudah bocor dan minta bantuan lainnya,” ungkapnya.

Salah seorang penerima zakat bernama Hamid mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan jajarannya atas santunan zakat tersebut.

“Terima kasih pak, saya senang dapat zakat ini. Zakat ini untuk meringankan beban keluarga saya, saya ini sudah tua, kalau dikasih bantuan tentu senang sekali, apalagi di bulan Ramadan seperti ini,” ujarnya. (Rel)