Keren.. UBB Jadi Universitas Favorit Calon Mahasiswa Luar Daerah

BABELTERKINI.COM, MERAWANG – Sejak beberapa tahun berdiri, Universitas Bangka Belitung (UBB) menjelma sebagai kampus yang tidak hanya menjadi favorit para generasi muda lokal Bangka Belitung (Babel), tapi juga menjadi impian banyak calon mahasiswa luar daerah.

Hal ini tampak dari selalu ramainya calon mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia yang mendaftar ketika pembukaan penerimaan mahasiswa baru, baik itu pada SNMPTN, SBMPTN, maupun SMMPTN atau yang dikenal dengan jalur mandiri.

Termasuk tahun ini. Jika dilihat dari sesi tanya jawab di webinar sosialisasi dengan tema “Kupas Tuntas SMMPTN UBB 2021” yang dilangsungkan secara terbuka di Zoom Meeting pada Rabu (2/6/2021) lalu, tampak ada beberapa calon mahasiswa dari luar Babel yang siap dan antusias mengikuti tes jalur mandiri UBB.

Salah satunya adalah Mika Karmila dari Lumajang, Jawa Timur. Di ruang virtual Zoom, Mika tampak begitu excited untuk memahami proses penerimaan jalur mandiri secara langsung dari narasumber, Nizwan Zukhri, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB.

“Izin Pak Nizwan, untuk mengikuti UTBK jalur mandiri UBB apakah harus langsung datang ke kampus UBB itu sendiri, atau bisa dilaksanakan di tempat lain? Soalnya saya dari Jawa Timur Pak,” ujar Mika Karmila saat di sesi tanya jawab sosialisasi.

Para calon mahasiswa baru tentu bisa memilih lokasi tes UTBK di antara 17 Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung di SMMPTN  wilayah barat. Artinya, meski memilih kampus UBB sebagai tujuan, teman-teman calon mahasiswa dibolehkan untuk memilih lokasi tes di kampus lain (di antara 17 kampus yang tergabung di PTN Wilayah Barat), yang barangkali lebih dekat dengan lokasi domisili nya.

“Tahun ini ada skema baru pada SMMPTN Barat, yakni meski calon maba tidak menjadikan prodi di kampus tertentu sebagai pilihan utamanya, mereka tetap diperkenankan untuk memilih kampus tersebut sebagai lokasi tes UTBK”, jawab Nizwan Zukhri.

“Jadi, meski saudari Mika Karmila tersebut mau memilih prodi yang ada di UBB sebagai pilihan utama, dia bisa saja memilih kampus terdekat dengan domisilinya sebagai lokasi tes,” sambungnya.

Untuk di Pulau Jawa, dia menyebutkan, saat ini ada dua kampus yang bisa menjadi pilihan lokasi tes bagi Mika, yakni Universitas Siliwangi, Jawa Barat atau UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Adapun selain Mika Karmila yang hadir langsung pada sosialisasi SMMPTN UBB di ruang virtual Zoom Meeting, ada beberapa calon mahasiswa baru luar Babel lainnya yang begitu antusias dengan UBB. Hal ini bisa dilihat di kolom komentar video Q and A spesial dari Pak Rektor UBB seputar jalur mandiri di media sosial instagram @universitasbangkabelitung.

Salah satunya dari akun atas nama @essherlib. Dia menanyakan terkait dinamika persaingan jalur mandiri UBB, dan prosedur UTBK-nya.

Tentu jawaban untuk pertanyaan @essherlib ini akan direspon langsung oleh Pak Rektor, Dr. Ibrahim, M.Si., melalui video spesial yang berisi jawaban terhadap semua pertanyaan yang muncul di postingan video Q and A tersebut. Dalam dua hari ke depan video jawaban dari Pak Rektor akan segera diposting tim humas UBB.

Adapun dalam Sosialisasi “Kupas Tuntas SMMPTN UBB 2021” kemarin, hadir sekitar 70 peserta; mereka adalah para guru dan calon mahasiswa baru dari beberapa SMA/MA/SMK yang ada di Bangka Belitung, serta para orang tua yang anaknya ingin dikuliahkan di UBB. Sementara yang bertindak sebagai Narasumber pada sosialisasi tersebut, selain Dr. Nizwan Zukhri, M.M., hadir juga Andri Yanto, mahasiswa berprestasi juara 1 tingkat UBB.

Dalam Sosialisasi ini juga, Hesty (Kepala BAKK UBB) selaku moderator, mengingatkan para peserta bahwa, di jalur mandiri atau SMMPTN ini, UBB akan menerima sebanyak 324 mahasiswa baru.  Lalu, waktu pendaftarannya akan ditutup pada tanggal 21 Juni ini; pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 28 Juni- 7 Juli; serta pengumuman hasilnya akan disampaikan pada tanggal 14 Juli, mulai pukul 16.00 WIB. (Edi/Rel)