Ecommerce dan Fintech

BABELTERKINI.COM РEcommerce adalah proses transaksi dengan menggunakan media elektronik. Transaksi bisa berupa penjualan, pembelian, pembayaran ataupun pemasaran produk  barang maupun jasa. Di era saat ini ecommerce atau perdagangan elektronik memang sangat digemari oleh produsen maupun konsumen.

Dengan bantuan teknologi tentunya akan lebih memudahkan dalam melakukan transaksi secara online atau daring. Sebelum berkembangnya ecommerce seperti saat ini, dulu pembeli atau konsumen harus bertemu dengan penjual atau produsen ketika akan melakukan transaksi berupa pembelian ataupun penjualan.

Tentu saja itu akan sangat memakan banyak waktu apabila seseorang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan transaksi. Dengan adanya ecommerce maka antara pembeli dan penjual tidak perlu bertemu. Penjual atau produesen cukup menjual produknya melalui ecommerce dan pembeli atau konsumen cukup membeli melalui ecommerce secara online atau daring.

Ecommerce ini banyak tersedia dalam bentuk aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Akulaku, Bukalapak, dan lain sebagainya. Disamping berbagai kelebihannya, ecommerce sering kali disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi dengan teknologi yang semakin berkembang, kesalahan seperti itu sudah diatasi oleh pihak terkait.

Sama halnya dengan ecommerce, fintech juga menggunakan teknologi. Menurut OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, fintech atau financial technology adalah sebuah inovasi atau gabungan antara jasa keuangan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Pada zaman dahulu ketika akan melakuan transaksi tentu harus bertemu langsung. Dengan fintech kita bisa melakukan berbagai teransaksi dan mempercepat berbagai pelayanan keuangan secara online hanya dengan menggunakan gawai. Fintech diterapkan dalam bentuk aplikasi seperti Go-Pay, Ovo, Jenius, Modalku, T-cash, Doku, dan banyak sekali berbagai aplikasi fintech lainnya. Tentunya ini akan memudahkan dalam transaksi. Kita hanya perlu mengisi saldo pada salah satu aplikasi fintech yang digunakan dan kita tidak perlu lagi melakukan pembayaran secara non tunai.

Dan ini juga akan memudahkan para pegiat UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa aplikasi fintech juga banyak menawarkan pinjaman modal UMKM. Kehadiran ecommerce dan fintech tentu akan memudahkan kehidupan kita apabila kita dapat menggunakannya secara efektif. Berbeda pada zaman dahulu ketika segala bentuk transaksi harus dilakukan dengan bertemu pihak yang terkait secara langsung. Dan pada saat ini kita telah dimudahkan dengan bantuan teknologi yang semakin berkembang kita tidak boleh abai di era kemajuan teknologi saat ini. Segala aspek kehidupan kita telah dipermudah dengan bantuan teknologi. (*)

Penulis Lucky Bayu Nugroho, mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta