Ketua DPRD Babel Beri Motivasi Kades Perangi Covid-19

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan covid -19, salah satunya dengan menyiagakan pemerintahan tingkat desa dalam penanganan Covid -19 yang mandiri.

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengatakan, peran seorang kepala desa (kades) beserta perangkatnya sangat penting dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di desa.

“Apabila kepala desa beserta perangkatnya melakukan prokes yang ketat, saya yakin dan percaya masyarakat yang ada di kampung atau di desa akan melakukan hal yang sama,” kata Herman dalam sambutannya saat menghadiri rapat koordinasi di Gedung Tribarata Mapolda Babel, Kamis (17/06/2021).

Dia menilai, kurangnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) menjadi salah satu penyebab semakin lambatnya pemutusan penyebaran mata rantai covid-19.

Lebih lanjut, dia menuturkan, kepala desa maupun jajaran pemerintah desa lainnya yang telah diberikan kepercayaan dan amanah menjadi pemimpin, harus berani dan selalu memberikan contoh yang baik kepada masyarakatnya.

“Oleh karena itu, pemimpin harus memimpin, kita harus berani, kita harus memberikan contoh yang baik, tentunya dalam hal penanganan covid-19 ini,” tegasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini berharap kepada para kepala desa dan seluruh pihak terkait untuk tetap bersabar dalam menghadapi masyarakat yang membandel bahkan menyepelekan prokes Covid-19.

“Dan jangan sampai hal itu memupus semangat dalam memerangi penyebaran Covid-19. Di caci maki tidak apa-apa yang penting demi kemanusiaan. Mengajak yang benar memang sulit, menjadi seorang pemimpin harus berjiwa pemimpin,” pungkasnya. (Edi)