Tim Jatanras Polda Babel Amankan Dua Pelaku Curanmor di Dua Lokasi Berbeda

Foto Ist

Foto Ist

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yakni IW (38th) dan DI (40th) berhasil dibekuk Tim 2 Opsnal Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (18/6/21).

Penangkapan kedua pelaku curanmor ini berdasarkan tindak lanjut dari laporan polisi atas pengaduan korban, dan hasil penyelidikan petugas.

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol A. Maladi melalui keterangan rilisnya, membenarkan penangkapan dua pelaku curanmor yang ditangkap Tim Jatanras beberapa hari yang lalu.

“Iya, ada 2 pelaku yang diamankan oleh Tim Jatanras, salah satunya residivis kasus senpi (senjata api-red) rakitan. Mereka ditangkap di 2 lokasi berbeda,” kata Maladi.

Maladi menerangkan, kronologis penangkapan berawal saat Tim Jatanras berhasil mengamankan tersangka IW di kontrakannya yang berlokasi di Jalan Dempo RT. 05 Kelurahan Parit Padang Kecamatan, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

“Kemudian Tim melakukan interogasi terhadap pelaku IW. Berdasarkan dari keterangannya bahwa pelaku melakukan tindak pidana curanmor tersebut dengan diantar atau ditemani oleh tersangka lainnya. Dari pengakuan IW ini, dia melancarkan aksinya bersama pelaku DI dengan menggunakan sepeda motor milik DI,” terangnya.

Maladi mengungkapkan, dari hasil penggeledahan di kontrakan IW, petugas menemukan barang-barang yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencurian berupa satu unit sepeda motor Yamaha Soul GT warna merah BN 6955 GE yang digunakan oleh pelaku saat melakukan pencurian, satu buah obeng plus gagang hitam-kuning, dan satu buah gagang kail.

“Setelah melakukan penggeledahan dan mengamankan barang-barang tersebut, kemudian sekira pukul 03.00 WIB Tim langsung menuju kerumah pelaku DI di Desa Tutut Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka dan langsung melakukan penggerebekan dan mengamankan pelaku,” terangnya.

Maladi mengungkapkan, dari penggeledahan terhadap pelaku DI, ditemukan barang-barang yang berkaitan dengan tindak pidana pencurian, yakni berupa satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul GT warna merah BN 5474 QA milik korban, dua buah plat nomor asli (BN 2605 PK) yg sudah dilepas oleh tersangka IW, satu buah jaket warna merah (yang digunakan tersangka pada saat melakukan aksinya-red), dan dua buah helm merek GM.

“Tim melakukan interogasi terhadap kedua tersangka, dan dari interogasi tersebut kedua tersangka mengakui bahwa benar melakukan pencurian satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul GT warna merah, satu unit laptop merek Asus warna hitam,¬† satu unit gandpone merek Oppo A51 warna hitam, dan satu buah jam tangan di TKP Bukit Baru Gerunggang Kota Pangkalpinang,” urainya.

Maladi kembali mengungkapan, pelaku IW juga mengakui bahwa telah melakukan pencurian di berbagai tempat. Selain itu, para pelaku juga menerangkan memiliki peran yang berbeda.

Pelaku DI bertugas menunggu diatas motor dan mengawasi dari luar rumah, sedangkan pelaku IW bertugas sebagai eksekutor atau masuk kedalam rumah korban. Usai diamankan, keduanya berikut barang bukti akhirnya dibawa ke Mapolda Babel untuk penyidikan lebih lanjut,” tutupnya. (Edi/Rel)