Peringati 1 Dasawarsa FISIP UBB, Civitas Akademika Gelar Berbagai Lomba dan Orasi Ilmiah

BABELTERKINI.COM, MERAWANG – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (FISIP UBB) baru saja menggelar seremonial penutupan perayaan 1 Dasawarsa berdirinya FISIP UBB , di Ruang Besar Balai Peradaban, Rektorat UBB, Senin, (21/6/2021).

Pada acara puncak yang sekaligus menjadi penutupnya ini, hadir para wakil rektor, para dekan dan dosen perwakilan jurusan di lingkungan UBB.

Perayaan Dies Natalis ini merupakan inisiatif dari tiga program studi yang tergabung dalam 3 jurusan (Sosiologi, Ilmu Politik, dan Sastra Inggris) di FISIP.

“Perhelatan dies natalis ini diharapkan bisa menjadi momentum refleksi diri sekaligus reposisi kembali eksistensi FISIP UBB di tengah arus Normal Baru Pandemi Covid-19,” kata ketua panitia Dies Natalis 10 Tahun FISIP UBB, Andri Fernanda, M.A.

Selain itu, Andri juga berharap, rangkaian acara Dies Natalis yang sudah dilangsungkan selama kurang lebih satu minggu kemarin, mampu meningkatkan kreativitas sekaligus memperkuat kembali spirit intelektualitas dan moral seluruh civitas akademika.

Ditutup dengan Video Kilas Balik dan Orasi Ilmiah Guru Besar UGM

Pada sesi puncak perayaan Dies Natalis FISIP UBB ke-10 kemarin (Senin, 21/06/2021), Dekan FISIP UBB; Sujadmi, S.Sos., M.A., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua civitas akademika yang sudah mendukung perjalanan FISIP hingga terus bertransformasi hingga saat ini melalui berbagai program dan agendan Tri Dharma Perguruan Tingginya.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyambut gembira perhelatan 1 Dasawarsa FISIP UBB ini. Hingga hari ini FISIP sudah melakukan banyak transformasi, khususnya di bidang Tri Dharma PT”, ungkap Sujadmi dengan penuh semangat.

Dalam sambutannya, Sujadmi menyampaikan, bahwa ‘FISIP UBB terus bertransformasi memperkuat basis Tri Dharma Perguruan Tinggi sejalan dengan desain program dan kurikululm MKBM, termasuk juga terus memperluas jejaring regional, nasional dan internasional dalam rangka menunjang suksesi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,

Acara puncak dan penutupan Dies Natalis FISIP ke-10 ini, diisi dengan rangkaian acara, yakni penayangan video kilas balik FISIP UBB dari 2011 hingga saat ini, penyerahan penghargaan kepada civitas akademika fisip, pembagian hadiah kepada para pemenang dari rangkaian kegiatan Dies Natalis FISIP dan Orasi Ilmiah dari Rektor UNU Jogja, sekaligus Guru Besar di Ilmu Politik UGM, Prof. Purwo Santoso.

Pada video kilas balik, menampilkan testimoni para pimpinan tinggi universitas, fakultas dan juga para stakeholders dari berbagai instansi pemerintahan dan sektor dunia usaha yang menjadi mitra fakultas selama ini. Kemudian, penyerahan penghargaan kepada civitas akademika FISIP yang dimaksud, adalah  diberikan kepada mereka yang sudah berprestasi dan berdedikasi tinggi terhadap eksistensi fakultas hingga saat ini.

Yang terpenting, adalah hadirnya Prof. Purwo Santoso, dengan menyampaikan Orasi Ilmiah terkait bagaimana “Mengasah Kreativitas, Mempertajam Intelektualitas”. Orasi Ilmiah tersebut disampaikan Beliau secara online melalui Zoom Meeting.

Adapun rangkaian agenda kegiatan Dies Natalis FISIP yang berlangsung selama satu minggu kemarin (14 Juni- 18 Juni 2021), diantaranya terdiri dari seminar dan kuliah umum, orasi ilmiah, FISIP Awards, lomba jalan sehat, make up dan hijab contest, stand up comedy, videography, musik akustik, lomba masak, hingga beberapa seni pertunjukkan budaya lokal yang akan dihelat di lingkungan kampus, baik secara online maupun offline yang tentunya tetap mentaati protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. (Rel)