Besok, 914 Peserta Akan Ikuti UTBK SMMPTN di UBB 

BABELTERKINI.COM, MERAWANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 2021 merupakan persyaratan wajib yang harus diikuti calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan bersama antar PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Universitas Bangka Belitung (UBB) sebagai salah satu tempat pelaksanaan UTBK SMMPTN-Barat khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan banyak persiapan, salah satunya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Provinsi dan Kabupaten Bangka, serta pihak Kesehatan dari RSUD Provinsi.

Pada H-1 atau satu hari menjelang ujian, lokasi tempat diselenggaranya test Jalur Mandiri (SMMPTN-Barat) di Kampus Terpadu UBB telah ramai didatangi para peserta untuk melihat lokasi dan tempat diselenggarakannya UTBK, Minggu (27/06/2021).

Kebanyakan siswa ini datang bersama teman sekolah, maupun keluarganya. Hal ini untuk mempermudah mereka keesokan harinya tidak mencari lagi ruangan ujian dan datang lebih awal.

Hingga saat ini, panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) UBB mencatat total sebanyak 914 peserta yang akan mengikuti UTBK SMMPTN-Barat di Kampus Terpadu UBB, yang terdiri dari Saintek sebanyak 321 peserta dan Soshum 593 peserta. Pelaksanaan tes UTBK di Kampus Terpadu UBB akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni dari hari Senin hingga Rabu (28 s.d 30 Juni 2021).

Selain koodinasi terkait prokes, berbagai persiapan juga telah dilakukan Panitia PMB UBB diantaranya uji server, pembekalan teknisi dan pengawas, pembuatan arah dan denah lokasi, penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan UTBK, serta fasilitas pendukung lain yang akan digunakan untuk kelancaran pelaksanaan tes nanti.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama UBB, Hesty  menegaskan kepada panitia agar sedini mungkin memastikan protokol kesehatan dapat diterapkan dengan ketat untuk mengurangi risiko timbulnya klaster baru covid-19.

“Harapan kami pelaksanakan UTBK bisa berjalan lancar sesuai harapan, serta tim panitia dan pengawas maupun peserta selalu sehat dan aman. Bagi peserta UTBK maupun panitia atau pengawas yang merasa kurang sehat jangan memaksakan diri, dan kita semua untuk selalu patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kabupaten Bangka dan mendapat rekomendasi dari Satgas Covid provinsi. Panitia juga menyediakan layanan medis sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Adapun beberapa prosedur UTBK SMMPTN-Barat di UBB yakni, peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. UBB juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di masing-masing ruangan ujian, kemudian menyediakan peta lokasi dan skema pengaturan peserta untuk menghindari kerumunan, pengecek suhu para peserta dan panitia sebelum ujian.

Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan tempat atau ruangan tunggu bagi peserta untuk menunggu jadwal sesi ujian. Selain memperhatikan prokes, peserta juga perlu menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Adapun perlengkapan yang wajib dibawa peserta saat mengikuti UTBK diantaranya, Kartu Tanda Peserta UTBK yang telah dicetak, kartu identitas diri (KTP/KK), Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus asli yang ditandatangi Kepala Sekolah dan ber stampel asli. (Edi/Rel)