Ketua DPRD Babel Apresiasi Kesigapan Polri Tangkap Terduga Teroris di Pangkalpinang

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi memberikan apresiasi atas kesigapan aparat Polri yang belum lama ini telah berhasil mengamankan terduga teroris berinisial AS di Pangkalpinang

“Kita mengucapkan terima kasih bahwa deteksi dini yang dilakukan oleh kawan-kawan Polri, Badan Intelijen Negara (BIN) itu berjalan dengan baik, seperti ada seorang teroris yang tertangkap di Kota Pangkalpinang,” kata Herman kepada wartawan usai menghadiri acara syukuran Hari Bhayangkara Ke-75 di Mapolda Babel, Kamis (1/7/2021).

Kendati demikian, Politikus PDI Perjuangan ini meminta masyarakat agar tetap waspada dan turut serta mengawasi lingkungan sekitar tempat tinggalnya, sehingga aparat Polri maupun TNI dapat melakukan deteksi dini.

“Memang hal-hal (teroris) seperti itu memang tidak nampak di permukaan, tetapi itu ada, terkadang kita baru tahu ketika ada penangkapan. Oleh karena itu kita sangat berharap kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap hal-hal seperti itu,” harapnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada ketua RT untuk berperan lebih aktif dalam melakukan pendataan, khususnya kepada warga pendatang baru yang masuk di wilayah lingkungan penduduknya.

“Kita bukan membatasi orang yang masuk. Seluruh warga Indonesia boleh atau berhak hidup dimanapun, akan tetapi administrasi penduduk yang harus kita awasi, karena kita nggak tahu apa dan bagaimana kegiatan orang sehari-hari,” ujarnya.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil mengamankan tiga orang terduga teroris yakni inisial DS, SY, dan AS. Ketiganya ditangkap di tiga lokasi yang berbeda.

Terduga teroris AS ditangkap Densus 88 di wilayah Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kemudian DS ditangkap di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur, dan SY diamankan di Jakarta Barat. Terduga AS diketahui sebagai penyuplai senjata api kepada DS dan SY di Jakarta.

Hingga kini Polda Babel masih melakukan pengembangan terhadap terduga AS, yang sebelumnya berhasil diamankan Densus 88 di kediamannya yang beralamat di Jalan Gang Kweni, Kelurahan Gajah Mada, Kota Pangkalninang, Rabu (30/6/2021) kemarin. (Edi)