PWI Basel Minta Oknum ASN Kominfo Bateng Diberi Sangsi Tegas

Foto Ist

Foto Ist

BABELTERKINI.COM, TOBOALI – Ketua PWI Bangka Selatan Dedy Irawan menyayangkan sikap arogansi yang ditunjukan oknum ASN Kominfo Bateng yang menantang wartawan untuk berduel. Hal itu dipicu masalah sepele karena wartawan menanyakan anggaran publikasi kegiatan Covid-19 Bangka Tengah.

“Sangat sepele sekali persoalannya hanya karena ditanya anggaran, oknum ASN langsung marah dan ngajak berduel. Wartawan bertanya tentang anggaran itu wajar-wajar saja. UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik jelas menyatakan pemerintah wajib menyampaikan kepada publik berkaitan dengan anggaran kegiatan dan program kerjanya,” jelas Dedy yang juga Ketua Pokja Jurnalis Basel ini, Rabu (7/7/2021).

Ia menambahkan, berkaitan dengan UU tentang Keterbukaan Informasi Publik, tidak ditanyapun pemerintah wajib menyampaikan kepada publik berkaitan dengan anggaran kegiatan pemerintah minimal 6 bulan sekali. “Apalagi dalam kasus ini, wartawan yang bertanya tentang anggaran publikasi Covid-19. Pertanyaan yang sangat wajar sekali, dan itu wajib dijawab,” ujarnya.

Hanya saja, jawaban yang diterima malah tantangan untuk berduel. Ia menilai oknum ASN tersebut sudah bertindak indisipliner sehingga Bupati Bateng hendaknya segera memerintahkan BKD dan Inspektorat turun menindaklanjuti persoalan tersebut.

“Saya pikir, kelakukan oknum ASN ini seperti tertulis dalam PP No 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai pasal 4 ayat 10 yaitu melakukan suatu tindakan atau tidak melakukan suatu tindakan yang dapat menghalangi atau mempersulit salah satu pihak yang dilayani sehingga mengakibatkan kerugian bagi yang dilayani. Untuk itu, kita harap ada sangsi tegas bagi oknum ASN yang bertindak arogan ini,” tandas Dedy. (Rel)