Geobike 2021 Menuju Geopark Nasional Bangka Barat

BABELTERKINI.COM, MUNTOK – _Geobike_ 2021 yang merupakan kegiatan bersepeda bersama menyusuri rute beberapa situs _geosite_ yang ada di Bangka Barat, dilaksanakan untuk mensosialisasikan serta menggaungkan tujuan utama yaitu mewujudkan _Geopark_ Bangka Barat menuju _Geopark_ Nasional.

Kegiatan yang mengambil titik start di situs _geosite_ Air Terjun Bukit Tani, Kompleks Perkantoran Bupati Bangka Barat, Sabtu (10/07/2021) itu diikuti oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, dan Bupati Bangka Barat, Sukirman, serta beberapa komunitas sepeda di kota tersebut.

Sebelum memulai start, Gubernur dan rombongan melihat situs _geosite_ Air Terjun Bukit Tani yang memiliki air terjun dan hamparan batu granit nan eksotis membentuk formasi kelabat.

Kemudian kegiatan _Geobike_ 2021 tahap pertama inipun dimulai dengan melewati kota Muntok yang dikenal memiliki warisan budaya masa lalu yang kental menuju penelusuran _geosite-geosite_ yang ada di Bangka Barat.

Pemberhentian pertama rombongan di Makodim 0431 Bangka Barat. Di tempat ini Gubernur dan rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tempat itu.

Melanjutkan perjalanan rombongan menuju di situs Batu Balai yang masih berada di _geosite_ Menumbing. Gubernur melihat cantiknya batu granit yang membentuk cangkang kerang akibat proses alamiah terjadi ribuan tahun lalu.

Akhir perjalanannya, _Geobike_ 2021 menuju _geosite_ Tanjung Kalian di Pantai Batu Rakit Bangka Barat. Sembari beristirahat, Gubernur dan rombongan melihat keindahan _geosite_ Teluk Inggris yang ada di sana.

Setelah dirinya bersama Forkopimda menelusuri jejak _geosite_ yang ada di Bangka Barat bersepeda menyusuri _Geopark_ Bangka Barat, Gubernur Erzaldi meyakini _Geopark_ Bangka Barat akan menjadi _Geopark_ nasional.

“Dengan kegiatan ini, kita semakin yakin rencana _Geopark_ Bangka Barat menuju Nasional Bangka Barat akan terwujud,” yakin Gubernur.

Untuk mewujudkan hal itu, Dirinya mengajak masyarakat untuk ikut turut andil, disamping Pemerintah Daerah dalam mendorong terwujudnya _Geopark_ Nasional Bangka Barat.

‘Seperti pembuatan sayembara, tulisan, video maupun foto, cerita tentang _geosite_ yang ada di Bangka Barat,” pungkasnya. (Rel)