Ciri Khas Arsitektur Khas Serumpun Sebalai Hampir Rampung

Foto Ist

Foto Ist

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Instrumen serta karakteristik Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai hampir mencapai titik terang, pasalnya, Tim Pansus terus memperdalam Detail visualisasi dua ornamen penting yakni lisplang rumah adat dan tudung saji.

Rapat pendalaman yang di gawangi oleh  Mansah dan Wakil Ketua Pansus, Erwandi A. Rani bersama anggota pansus lainnya, di antaranya, Agung Setiawan, Azwari Helmi, Warkamni, Taufik Mardin, Nico Plamonia Utama, Aksan Visyawan, berlangsung di Ruang Pansus DPRD Babel, Rabu (25/08/2021).

Anggota Pansus Raperda Arsitektur Bangunan Berciri khas serumpun Sebalai, Nico Plamonia Utama mengatakan, telah ditentukan dua ornamen penting berupa lisplang rumah adat dan tudung saji sebagai ornamen penting yang tak terpisahkan, Pembahasan ini mulai diperdalam lagi untuk kemudian di dapatkan detail visualisasi nya.

“Jika menyangkut bangunan, tudung saji itu menyatu. Tapi di setiap rumah mungkin saja berbeda-beda,” kata Nico dalam forum tersebut.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa tim pansus ingin menggambarkan detil ornamen sekaligus melihat contoh perpaduan antara satu dengan lain nya sebagai simbol yang mewakili asal serapan budaya yang hendak ditampilkan.

“Arsitektur itu akan di lihat seperti apa?, warna nya bagaimana dan apakah akan di muncul kan di perda?. Jika ingin melihat gambaran yang mewakili akulturasi nyata dari budaya itu contoh nya dapat di saksikan Mesjid Jamik Muntok,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota pansus lain nya, Agung Setiawan mengharapkan, penetapan ornamen untuk tudung saji dan lipslank, agar bisa tampil beda dan tidak sama dengan yang lainnya, sehingga punya ciri khas serumpun sebalai.

“Kalau sama nanti akan ada yang mengklaim. Jadi mesti di buat tiga sisi sehingga sudah di dapat di kategorikan sebagai arsitektural,” tutupnya. (Rel)