Walikota Molen Tunggu Data Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak besar pada sektor ekonomi. Namun juga telah banyak memakan korban jiwa. Akibatnya tidak sedikit anak-anak yang kehilangan orang tuanya.

Seperti di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tercatat ada sekitar 40 anak kehilangan orang tuanya akibat Covid-19. Bahkan diantara mereka ada yang menjadi yatim piatu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty, Rabu (25/08/2021).

Menindaklanjuti hal itu, Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengatakan, pihaknya akan mendata terlebih dulu terkait adanya 40 anak yang kehilangan orangtuanya akibat Covid-19.

“Kita juga terus berupaya jangan sampai mereka terlantarlah, sudah kewajiban saya sebagai seorang pemimpin di Kota Pangkalpinang untuk memikirkan itu, sudah tugas kami sebagai seorang pemimpin untuk menjaminnya. Jangan sampai ada masyarakat ku yang tidak bisa makan ini sedang kita lakukan pendataan dulu,” ujar Molen, Kamis (26/08/2021).

Sebagai bentuk tanggung jawabnya, diutarakan Molen, bantuan yang akan diberikan untuk sementara mungkin dapat berupa paket sembako atau bantuan lainnya dari gaji pokok yang telah dia relakan untuk penanganan Covid-19. Sementara untuk jaminan hidup hingga jaminan pendidikan Molen menyebut akan menunggu data dari Kelurahan terlebih dahulu.

“Kalau memang membutuhkan jaminan pendidikan kita siap, tidak masalah, yang penting kita tahu dulu berapa (data-red) kebenarannya. Ada yang meskipun yatim dia tinggal neneknya dan mampu, makanya kita tunggu data dulu,” terangnya. (Edi)