Atasi Banjir, Ini Langkah yang Dilakukan Walikota Pangkalpinang

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengklaim bahwa pihaknya telah melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi dapat menimbulkan banjir.

Adapun langkah yang dilakukan oleh pemkot, disebutkan Molen, yakni membeli dua unit mesin pompa air serta menganggarkan pembangunan kolam retensi yang diharapkan dapat menampung air sementara.

“Kita sudah membeli dua alat sedot yang digunakan untuk menyedot di beberapa titik yang tidak bisa kita sedot, karena memang bawahnya seperti kuali. Selanjutnya kita juga menganggarkan untuk pembangunan kolam retensi,” kata Molen, Selasa (14/09/2021).

Selain membeli dua unit mesin pompa air lanjut Molen, pihaknya juga terus melakukan beberapa upaya untuk menanggulangi banjir seperti normalisasi sungai hingga pengerukan endapan lumpur di saluran box culvert.

Namun demikian, diakuinya, hal tersebut belum dilakukan secara maksimal lantaran keterbatasan anggaran karena Pandemi Covid-19. Memang disampaikan dia, penanganan banjir menjadi prioritas pada tahun 2021 di Kota Pangkalpinang dengan anggaran sebesar Rp40 Miliar.

“Kita bangun gorong-gorong di seluruh Kota Pangkalpinang, mana yang buntu itu kita lakukan secara bertahap, tetapi mohon maaf anggaran kita terbatas,” terangnya.

“Untuk menghilangkan banjir seutuhnya di Kota Pangkalpinang tidak mampu, akan tetapi guna mengantisipasi banjir secara perlahan akan terus dilakukan,” tandasnya. (Edi)