Semarakan Hari Dharma Khardika, Lapas Kelas II B Tanjungpandan Gelar Porsenap

BABELTERKINI.COM, BELITUNG – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Romiwin Hutasoit SH, MH secara resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga & Seni Narapidana (Porsenap) di Lapangan Olahraga Lapas, Senin (04/10/2021).

Kegiatan acara ini dalam rangka menyemarakan peringatan Hari Dharma Kardhika yang ditandai dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh Jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Upacara Pembukaan berlangsung khidmat dan meriah. Dalam Upacara tersebut, Kalapas didampingi pejabat Struktural menerbangkan balon udara HDKD 2021 disambut dengan tepuk tangan meriah seluruh peserta upacara. Balon gas terbang tinggi mengudara, sebagai tanda menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding.

Dalam amanatnya, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit SH, MH menjelaskan sejarah panjang Kementerian Hukum & HAM RI dalam mengawal tegaknya hukum dan terpenuhinya HAM bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dia menambahkan, sejak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pertama kali dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan nama Departemen Kehakiman dan Menteri saat itu dipimpin oleh Soepomo, hingga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dipimpin oleh seorang Menteri yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Yasonna Laoly, telah terjadi beberapa kali pergantian nama.

“Perjalanan Panjang hingga saat ini menjadi catatan sejarah bahwa semangat penuh dedikasi seluruh insan pengayoman untuk terus berkontribusi memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Romiwin.

Sebagai insan pengayoman yang bertugas di lembaga pemasyarakatan, kata dia, tentunya semangat Hari Dharma Karyadhika ini menjadi semangat PASTI melayani masyarakat khususnya masyarakat yang saat ini menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan.

“Hak Asasi Manusia sangat melekat bagi WBP dan harus kita pastikan terpenuhi dengan sebaik baiknya. Pada kesempakatan HDKD Tahun 2021 ini, kami jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan memberikan persembahan Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (Porsenap) kepada seluruh WBP yang sangat kami cintai dan banggakan,” ujarnya penuh semangat.

Dia mengungkapkan, berbagai pertandingan olahraga dan kegiatan perlombaan lainnya akan diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kementrian Hukum &  HAM Tahun 2021 ini.

“Kami tidak ingin rekan-rekan larut dalam kesedihan, kesendirian, dan merasa terasing ditempat ini. Lapas Kelas IIB Tanjungpandan adalah rumah baru bagi rekan-rekan WBP yang didalamnya terdapat keluarga baru untuk saling mengisi, berbagi dan memotivasi,” tuturnya dihadapan warga binaan.

“Kami sebagai pembina rekan–rekan akan bekerja keras untuk memenuhi Hak – Hak Warga Binaan Pemasyarakatan terkhusus kami akan menjaga terpenuhinya Hak Asasi Manusia bagi rekan – rekan melalui berbagai program pembinaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan,”

“Mari kita sambut Hari Dharma Karyadhika Tahun 2021 ini dengan menjunjung semangat Kami PASTI, Speed Up Berprestasiuntuk mewujudkan Insan Pengayoman yg Semakin PASTI. Selamat bertanding, Ingat Kita satu keluarga, Satu hati dan Satu Rasa. Jaga Sportivitas, Jadikan Pertandingan ini sebagai Pemersatu kita semua,”

“Mari kita Semarakkan HDKD dengan semangat… semangat… dan Penuh Semangat, ujar Kalapas disambut riuh tepuk tangan seluruh peserta. Selesai membacakan sambutan, Balon udara diterbangkan oleh Kalapas disambut tepuk tangan penuh semangat seluruh peserta upacara,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan HDKD Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Hardiansyah, menjelaskan dalam Rangka memberingati HDKD 2021 tahun ini, pihaknya menggelar rangkaian kegiatan bagi Petugas dan WBP secara Khusus melalui Konsep Porsenap.

Pada kegiatan Porsenap ini akan dipertandingkan Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Volly, dan Badminton antara petugas dan WBP.

Selain itu juga akan dilaksanakan perrtandingan E-Sport Game yaitu Pertandingan Sepakbola PES. Untuk keagamaan, kami melaksanakan Lomba Adzan dan Lomba menghafal Surat Pendek Juzz 30 bagi WBP. Pertandingan olahraga pertama telah dilaksanakan sebagai Pembuka Kalapas VS Kasi Adm Kamtib.

“Kegiatan Porsenap ini sebagai Pengobat Rindu bagi WBP, yang sampai saat ini akibat pandemi covid – 19 banyak kegiatan-kegiatan yang kami tunda pelaksanaannya,” pungkasnya. (kan)