Proposal Penggunaan Anggaran KONI Untuk PON Papua Belum Diterima, Ini Kata Ketua Komisi II DPRD Babel

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adet Mastur mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima proposal dari KONI Babel terkait laporan penggunaan anggaran untuk PON XX Papua 2021.

“Sampai detik ini proposal KONI ke Komisi II tidak ada sama sekali, jadi kami nggak tahu rinciannya apa saja,” kata Adet Mastur kepada wartawan di ruang Komisi II DPRD Babel, Rabu (06/10/2021).

Adet mengungkapkan, pihaknya telah menyetujui anggaran untuk KONI Babel setiap tahunnya. Namun diutarakan dia, laporan penggunaan anggaran KONI khususnya untuk ajang PON XX Papua hingga saat ini tidak jelas.

“Setiap tahun kita memberi anggaran untuk KONI. Nah untuk tahun ini kita pun nggak jelas penggunaan dana KONI, berapa dana operasionalnya, berapa dana untuk TC (Training Center-red) para atlit, berapa dana pengiriman atlit ke PON Papua, dan berapa anggaran untuk para Pengurus Provinsi (Pengprov) pada masing-masing cabor, kita nggak tahu,” bebernya.

Oleh karena itu, dia menegaskan, pihaknya tidak akan menyetujui bantuan anggaran untuk KONI Babel apabila tidak ada proposal pengajuan anggaran yang jelas untuk tahun 2022.

“Kedepan, kita lihat dulu pengajuan dana KONI kalau tidak diserahkan proposal ke kita untuk tahun 2022, kita tidak akan memberi bantuan, karena bantuan ini harus jelas penggunaannya dan harus ada pertanggungjawaban,” tegasnya.

Terkait adanya bantuan dari pihak ketiga untuk keberangkatan para kontingen Babel ke Papua, dia menilai, bantuan tersebut merupakan hal yang wajar

“Kalau memang kekurangan anggaran, pihak ketiga dalam hal ini BUMD maupun BUMN, saya pikir wajar untuk memberi bantuan kepada kontingen kita,” ujarnya. (Edi)