Sungguh Nekat..! Meski Berulang Kali Ditertibkan, Aktivitas TI Ilegal di Seputaran Taman Dealova Masih Tetap Beroperasi

Caption: Lokasi Tambang Timah Ilegal yang terletak di seputaran taman Dealova

Caption: Lokasi Tambang Timah Ilegal yang terletak di seputaran taman Dealova

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Sungguh nekat..! Meski sudah beberapa kali di razia oleh Aparat Penegak Hukum (APH), aktivitas tambang timah ilegal di seputaran Taman Dealova, Pangkalpinang masih tetap beroperasi. Apalagi titik lokasi aktivitas tambang ilegal tersebut terbilang dekat dengan jalan raya.

Salah satu masyarakat setempat, Tri mengatakan, aktivitas TI sebu yang berada dilokasi tersebut berjumlah belasan ponton. Selain itu, dia menambahkan, untuk menghindari pantauan masyarakat, aktivitas TI tersebut dilakukan pada tengah malam.

“Aktivitas TI itu mulai bekerja jam 12 tengah malam pak, mereka kerja “kucing-kucingan dengan aparat,” kata Tri, Sabtu (13/11/21) malam.

Dia mengungkapkan, masyarakat setempat sudah sangat resah dengan keberadaan aktivitas TI ilegal di lokasi itu, dirinya pun berharap, pemerintah kota maupun APH dapat mengambil tindakan lebih tegas agar tidak ada lagi aktivitas TI ilegal di kawasan tersebut.

“Kami sudah melaporkan aktivitas tambang itu ke petugas keamanan dan Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti dengan beberapa kali melakukan penertiban, tapi memang para penambangnya yang bandel,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penambang yang enggan disebutkan namanya itu menyebutkan, aktivitas TI ilegal yang beroperasi di lokasi tersebut sebanyak 12 pront.

“Kami mulai bekerja kemarin malam (Sabtu dini hari) jam 02.00 pagi, karena sebelumnya ada petugas keamanan yang memantau lokasi,” ujarnya.

Menindaklanjuti informasi tersebut, wartawan berupaya konfirmasi ke Walikota Maulan (Molen) maupun Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra melalui pesan WhatsApp, Sabtu (13/11/21). Namun hingga berita ini diturunkan, keduanya belum memberikan tanggapan. (red)