Harga TBS Sawit di Desa Pelepak Pute Dibawah Standar, Gubernur Erzaldi Segera Panggil Pengepul

BABELTERKINI.COM, SIJUK – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dibuat berang lantaran harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung berada di bawah standar dari harga pasaran, sehingga dalam hal ini para petani di daerah itu merasa sangat dirugikan.

“Saya dengar disini harganya Rp 2200. Sementara harga sekarang itu sudah Rp 3000 lebih. Ini kan terlalu timpang. Petani banyak dirugikan kalau begini,” keluh Erzaldi kepada wartawan usai berdialog dengan warga Desa Pelepah Puteh, Minggu (21/11/2021) sore.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, diutarakan Erzaldi, rendahnya harga TBS di daerah itu karena banyaknya potongan harga dari para pengepul (kolektor-red). Oleh karenanya, dia menegaskan, akan segera memanggil para pengepul.

“Kalau masalah seperti ini saya akan turun langsung, tidak melalui delegasi. Yang seperti ini harus cepat, untuk itu saya akan turun langsung. Secepatnya akan saya kumpulkan para pengumpul TBS tersebut. Seperti yang pernah saya lakukan di Bangka beberapa waktu lalu,” tegasnya. (Edi)