Jelang Pergantian AKD, Herman Suhadi Sebut Fraksi PDIP Siap Berbagi

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Jelang perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada 2022 mendatang, tujuh fraksi di DPRD Bangka Belitung (Babel) tampaknya mulai pasang ancang-ancang.

Sesuai ketentuan tata tertib (Tatib) DPRD Babel yang disepakati, susunan AKD ini akan berganti tepatnya saat memasuki dua tahun setengah dalam satu periode (2019-2024).

Jika awal periode seluruh fraksi kebagian posisi ketua, kecuali fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Diantaranya Komisi I diketuai Helyana dari PPP dan Komisi II diketuai Adet Mastur dari PDI Perjuangan.

Sementara Komisi III menjadi “jatah” Golkar yang diketuai Efredi Effendi dari Golkar, dan Komisi IV milik Gerindra yang diketuai Jawarno. Lalu Badan Kehormatan dipegang Nasdem dan Badan Pebentukan Perda (Bapemperda) di ketuai Nico Plamonia dari Fraksi Demokrat.

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengaku bahwa pergantian AKD akan dilakukan pada Maret 2022, dan dijalankan dengan mengedepankan asas musyawarah mufakat.

Untuk posisi PDI Perjuangan sendiri, diutarakan Herman, fraksinya siap berbagi dengan fraksi lainnya di pergantian AKD nanti. “Kita siap berbagi, asas itu tadi, musyawarah mufakat,” ujarnya.

Namun, lanjut Herman, sebelum pergantian biasanya seluruh fraksi akan rapat terlebih dahulu. Pihaknya menyambut baik pergantian AKD sebagai bentuk penyegaran bagi para wakil rakyat.

“Perubahan (AKD-red) ini hanya untuk penyegaran. Kalau PDIP sendiri sami’na wa atho’na sebagai petugas partai, baik di legislatif maupun di eksekutif,” tandasnya. (Edi)