Menteri Risma Sampaikan Beberapa Catatan dari Hasil Kunker ke Babel

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyampaikan beberapa catatan dari hasil kunjungan kerjanya ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 17 Desember hingga 20 Desember 2021.

Menteri Risma mengatakan, saat ini masih banyak warga Babel yang masih tertinggal tingkat kehidupan ekonominya, terutama di daerah pedalaman, sehingga menurut dia, dalam mengatasi masalah tersebut, masih dibutuhkan uluran tangan dari pemerintah pusat maupun daerah.

“Artinya kita masih belum bisa lepas tangan begitu, jadi artinya bahwa silahturahmi, tali kebersamaan, gotong royong itu terus harus dijaga seperti semangat di Babel,” kata Risma kepada wartawan usai menghadiri puncak acara peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Halaman Kantor Gubernur, Senin (20/12/2021).

Namun demikian, dia menilai, jika dilihat secara sepintas, pada umumnya kehidupan masyarakat Babel relatif lebih sejahtera. Hanya saja diutarakan, kehidupan ekonomi masyarakat Babel saat ini terkena dampak global warning karena berada di daerah kepulauan.

“Jadi karena itu, ketahanannya harus dikuatkan untuk menyelesaikan masalah-masalah dari impact global warning seperti, rob, puting beliung, dan sebagainya,” ujar Mantan Walikota Surabaya ini.

Selain itu, dia juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksin.

“Padahal sebenarnya kalau kita tidak melakukan protokol (kesehatan-red) itu, dampaknya kepada orang lain, ke keluarga kita, kepada keseluruhan bangsa ini, tidak bisa kita memikirkan diri sendiri, jadi refleksi kesetiakawanan sosial itu pesan sebenarnya,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Tri Rismaharini ke Bumi Serumpun Sebalai, dan telah banyak menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat Babel.
“Kita bersyukur telah menjadi tuan rumah HKSN ini, tentunya kita berharap masyarakat kita terus termotivasi untuk saling menghargai, saling membantu agar tercapainya kesejahteraan masyarakat kita,” kata Erzaldi.

“Kita berterima kasih sekali atas bantuan Kementerian Sosial kepada masyarakat Bangka Belitung,” pungkasnya. (Edi)