Tambang Timah Ilegal Kelabat, Vigo Sebut Komandan Yang Urus

BABELTERKINI COM, PANGKALPINANG – Tambang timah ilegal yang diduga kuat beroperasi di kawasan hutan lindung Kelabat Parittiga Jebus, Kabupaten Bangka Barat disebut dijaga oleh oknum aparat setempat. Bahkan dari pengakuan seorang bernama Vigo dengan lantang menyebutkan bahwa tambang timah Kelabat diurus oleh “Komandan”.

“Tambang punya In orang Muntok, Kalau PC dua itu punya komandan dan semua komandan yang urus termasuk timah nya jual kemana itu urusan komandan lah,” kata Vigo saat ditemui di camp tambang Kelabat, Sabtu (15/01/2022).

Vigo menambahkan bahwa tambang timah tersebut dijaga oleh oknum aparat setempat.

“Kalau disini ada yang jaga (oknum aparat/red),” ucapnya.

Sementara itu, Bastari mengaku tidak banyak tahu soal penambangan timah Kelabat lantaran dirinya terbilang baru bekerja di tambang tersebut.

“Kurang tahu sebab saya baru kerja disini sebagai Helper PC. Kalau Vigo itu tadi sebagai pengurus tambang. Yang punya tambang namanya In,” tukasnya.

Dari hasil pantauan di lapangan, selain dua alat berat berwarna hijau merk Kobelco yang sedang beroperasi di kawasan hutan Kelabat, terdapat juga peralatan tambang seperti sakan dan selang serta puluhan drum solar sedangkan disisi sebelah kiri berdiri pondok camp pekerja tambang.

Menanggapi hal ini, Kepala Satuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jebu Bemban Antan Unit II Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat, Panji Utama menegaskan akan segera turun kelapangan sesuai dengan perintah Kepala Dinas LHK Bangka Belitung.

“Oke..trims info e,  Sesuai perintah Kadis, kami cek ke lokasi,” tegasnya melalui pesan WhastApp, Sabtu (16/02/2022). (Oby)