Sumur Wakaf Jadi Solusi Rawan Kekeringan di Pesantren Azzayad Lilulum

BABELTERKINI.COM, BANGKA SELATAN – Kesulitan air bersih masih dirasakan oleh para santri yang menuntut ilmu di pelosok Pulau Bangka, tepatnya di Pondok Pesantren Azzayad Lilulum, Desa Nyelanding, Kabupaten Bangka Selatan.

Hingga beberapa bulan yang lalu, para santri masih kesulitan mendapatkan air bersih karena belum memiliki sumber air bersih tersendiri.

Hanya ada satu buah mesin air yang digunakan para santri bergiliran dengan masyarakat yang berjumlah 40 keluarga yang berada di sekitar Pondok Pesantren.

Selain harus menggunakan air secara bergiliran, pondok pesantren tersebut juga semakin kesulitan mendapatkan air bersih, kondisi air yang digunakan juga belum memenuhi standar air bersih, air yang para santri gunakan berwarna kecoklatan.

Menanggapi kondisi akses air bersih yang masih dirasakan oleh para santri, Global Wakaf – ACT Bangka menghadirkan sumur wakaf untuk Pondok Pesantren Azzayad Lilulum. Sumur wakaf tersebut diharapkan dapat membantu para santri untuk mendapatkan akses air bersih dengan lebih mudah.

“Alhamdulillah, kami merasa bersyukur dengan adanya sumur wakaf yang dibangun di Pondok Pesantren ini. InsyaaAllah sumur wakaf ini sangat membantu para santri untuk mendapatkan air bersih,”  tutur Ustaz Sayadi selaku pimpinan pondok pesantren Azzayyad Lilulum saat peresmian sumur wakaf tersebut dilaksanakan.

Sementara, Sekretaris Camat Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Tanjaya juga turut memberikan apresiasi dengan hadirnya sumur wakaf yang mengalirkan air bersih untuk para santri.

“Kami dari pihak Kecamatan Air Gegas mengucapkan terima kasih kepada para pewakif yang sudah ikut membantu menyelesaikan permasalahan air bersih di wilayah kami. Semoga menjadi pahala yang terus mengalir untuk para pewakif,” ungkap Tanjaya.

Sumur wakaf Pesantren Azzayad Lilulum ini merupakan sumur wakaf kesepuluh yang telah diresmikan oleh Global Wakaf – ACT Bangka di wilayah pulau Bangka.

“Insyaallah kami akan terus berikhtiar untuk menghadirkan sumur-sumur wakaf untuk masyarakat yang masih kesulitan air bersih. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berkontribusi menjadi pewakif dengan menunaikan wakaf tunai melalui Rekening Muamalat : 373 000 9973 an Aksi Cepat Tanggap,” tutup Cherry Octoryan, Kepala Cabang ACT Bangka. (rel)