Bantuan Gubernur Tunjang Produksi UMKM Lebih Maju

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Produk olahan dari tangan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki tempat tersendiri terhadap perekonomian masyarakat, dan pengaruhnya yang besar bagi perekonomian daerah. Dukungan bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis itu pun terus ditunjukkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

Kali ini, Gubernur Erzaldi didampingi istri selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel Melati Erzaldi dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel, Tarmin AB, menyerahkan bantuan berbagai alat produksi teknologi tepat guna kepada beberapa pelaku UMKM yang ada di Pulau Bangka, pada kegiatan yang dilaksanakan di Taman UMKM depan Kantor Gubernur Babel, Senin (21/02/2022).

Astiwi, salah satu pelaku UMKM yang menerima bantuan, sekaligus Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Kembang Simpor Desa Penyamun, menyebutkan jika bantuan alat pengolahan produksi mie basah dari Gubernur Erzaldi yang diterima dirinya, akan memberikan pengaruh besar terhadap produksi, baik dari jumlah maupun kualitas.

“Atas bantuan ini kami banyak terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah ikut membantu. Bantuan ini bisa menunjang kegiatan produksi kami lebih maju lagi. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini juga usaha kami makin lancar, maju, pendapatan pun meningkat. Apa lagi di sini kami membina yang lain untuk kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Pendamping Penyuluh Pertanian Desa Penyamun Suci, mengatakan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel di bawah kepemimpinan Gubernur Erzaldi memperlihatkan keseriusan dalam mendukung produk UMKM. Hal ini tidak hanya terlihat dari dukungan berupa sarana seperti mesin produksi yang diserahkan, tetapi juga memberikan pembinaan terhadap pelaku usaha, juga memberikan tips-tips pemasaran.

“Kami apresiasi sekali untuk Bapak dan Ibu Gubernur yang membantu alat prosuksi bagi anggota kami di KWT Kembang Simpur. Kami menantikan forum yang diarahkan tadi untuk membahas bagaimana prospek pemasaran, bagaimana pemasaran yang digital itu, manajemen yang bagus, sehingga ibu-ibu di tempat kami lebih memiliki keterampilan. Mudah-mudahan ini terus berlanjut kedepannya pendampingan usaha kecil, dan mereka merasakan bantuan beliau yang benar-benar pro ke rakyat,” katanya.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman, mengatakan bantuan yang diserahkan kepada UMKM berbagai jenis usaha ini sebagai bentuk perhatian dan keseriusan pemprov dalam memperhatikan para pelaku usaha. Kedepannya, Pemprov. Babel telah menjalin kesepakatan dengan Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) untuk pendampingan para pelaku UMKM.

“Perlu kerja keras untuk membangkitkan, dan memotivasi UMKM kita untuk lebih maju. Insyaallah kita akan meng-upgrade cara memfasilitasi pendamping UMKM, dan kita tidak serta merta mengharapkan dukungan CSR (Corporate Social Responsibility). Karena kalau pendampingan tidak kuat, lambat laun akan membunuh usaha kecil ini,” katanya.

“Jadi betul-betul harus mengelola, membina pakai cara lebih baik, dan biar mereka punya tanggung jawab juga mempertahankan konsistensi mereka terhadap suatu produk yang mereka buat. Jangan sampai mereka gagal, sehingga harus kita dampingi,” katanya menambahkan.

Bantuan yang diserahkan dari kerja sama antara Pemprov. Babel dengan Polman Babel, Bank Sumbelbabel, dan Forum Masyarakat Petani (Formap) Babel, berupa mesin pengolahan kopi kepada Formap Pangkalpinang, unit mesin peralatan teh gaharu kepada Koperasi Bangka Tengah, mesin pengolahan mie Bangka, dan mesin produksi kerajinan miniatur kapal bagi Pelaku UMKM asal Bangka Selatan. (rel)