Menteri Sandi Pulang, PR Babel Persiapkan G20

BABELTERKINI.COM, BELITUNG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno selesaikan kunjungan kerja di Pulau Belitung dengan agenda terakhir NGOPI BARENG – INTEKNO yang bertema ‘Penggunaan Teknologi Tepat Sasaran dalam Berwirausaha untuk Pelaku UMKM’, di Intekno Industri Indonesia, Jl. Padat Karya Dukong, Kabupaten Belitung, Minggu (27/02/2022).

Pada kepulangannya kali ini, Menteri Sandi kembali menggunakan Batik Air, pesawat komersil yang sama saat digunakannya ketika tiba di Pulau Belitung kemarin (26/02/2022). Tampak mendampingi keberangkatan Mentari Sandi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman beserta istri, Melati Erzaldi, dan Bupati bersama Wakil Bupati Belitung.

Dalam kesempatan ini, kuliner tetap menjadi bahasan singkat Menteri Sandi kepada pimpinan daerah di Bangka Belitung. Ragamnya cukup banyak yang dicicipi Menteri Sandi selama berada di Pulau Belitung. Menteri Sandi juga mengapresiasi topi bertuliskan G20 yang digunakan Gubernur Erzaldi dan Bupati Sahani Saleh saat itu.

“Pak Gubernur, Pak Bupati, saya mau aksesoris G20nya,” guraunya sebagai bentuk apresiasi.

Menanggapinya, Gubernur Erzaldi yang berada di Base Ops Lanud HAS Hanandjoeddin sambil menunggu penerbangan Menteri Sandi ke Jakarta, mengatakan bahwa beberapa _merchandise_ memang dibuat lebih dulu di Babel untuk mengampanyekan dan menyambut pelaksanaan G20.

“Tujuannya, agar kita ingat untuk terus mempersiapkan diri, khususnya masyarakat Bangka Belitung. Tetapi yang saya gunakan ini baru contoh yang diproduksinya sedikit,” ungkap gubernur yang juga mengatakan bahwa pihaknya bersama TNI POLRI yang telah menyiapkannya.

“Ini baru sampel Pak Menteri, nanti kita akan buatkan lebih banyak lagi,” lanjut gubernur sambil tertawa membalas gurauan Menteri Sandi.

Gubernur Erzaldi juga menjanjikan akan mengirimkan beberapa produk_merchandise_ kepada Kemenparekraf untuk dapat digunakan dalam tiap perjalanan kerja Kemenparekraf.

“Nanti akan kami kirimkan, ada topi, rompi, baju dan sebagainya,” janjinya.

Kesiapan menjadi tuan rumah G20 bagi Gubernur Erzaldi maupun Bupati Belitung, menjadi PR besar untuk terus mengkurasi produk-produk UMKM agar siap saat bertemu pasar G20 yang akan terlaksana pada September 2022 mendatang.

Menteri Sandi yang akrab disapa Mas Menteri ini kemudian bertolak ke Jakarta pada pukul 11.50 WIB. Turut dalam penerbangan, Gubernur Erzaldi dan Istri, Melati Erzaldi serta dua putra putrinya. Tampak pula para Deputi Kemenparekraf yang mendampingi Menteri Sandi sejak kedatangannya di Pulau Belitung.

Adapun kunjungan yang dilakukan Menteri Sandi selama di Pulau Belitung diantaranya adalah Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung, Geosite Open Pit Nam Salu, Georesto Rimba Alam Bahagia, Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Belitung yakni Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia),
Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia Untuk Indonesia Bangkit 2022, Event Pocari Sweat Run, dan
Ngopi Bareng – INTEKNO. (rel)