Melati Erzaldi Sebut 50 Tahun Gerakan PKK ‘Istimewa’

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Tema Peringatan Hari Kesatuan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) ke-50 Tahun 2022 ini adalah “50 Tahun Gerakan PKK Berbakti ntuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”, tema ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi, saat membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022, di Halaman Kantor Gubernur Babel, Kamis (31/03/2022).

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-50 kali ini dikatakan Ketua Melati menjadi sangat istimewa, karena hari ini merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita keluargalah juga yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Sesuai dengan tema tersebut, Ketua Melati menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran tim penggerak PKK, para kader PKK, dan kader dasawisma yaitu, pertama jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi bakti PKK untuk bangsa; kedua, berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK.

“Selain itu, momentum peringatan HKG-PKK kali ini, juga harus mampu kita daya gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana disepakati bersama dalam forum rapat kerja nasional atau rakernas ke-IX PKK tahun 2021,” ujarnya.

Ketua Melati mengatakan, dirinya senantiasa mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK, jangan monoton dan harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah. Oleh karena itulah, ia mengharapkan agar momentum peringatan HKG-PKK ke-50 Tahun 2022 ini menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

“Gerakan PKK, semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki karena tim TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus haruslah mampu dengan kebijakan program pemerintah. Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya oleh karena itu pula maka gerakan PKK sesungguhnya merupakan potensi pembangunan bagi bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Acara peringatan HKG PKK ke-50 ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan pembacaan sejarah singkat PKK oleh Wakil TP PKK I Babel, Laksmi Damayanti.

Acara juga turut dimeriahkan dengan adanya bazar Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kabupaten/Kota se-Babel, pelayanan KB oleh BKKBN Babel, serta penyerahan 37 KTP Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan secara simbolis kepada Kepala Lapas LP Perempuan Kementerian Hukum dan HAM.

Untuk itu, beragam lomba pun dilakukan untuk meningkatkan kualitas para kader PKK, sehingga semakin banyak keluarga yang ikut serta dan berdaya.

Setelah melakukan penilaian dengan profesional, inilah daftar nama pemenang.

*Lomba HKG PKK*
1.Lomba Tertib Administrasi PKK, Juara 1 Desa Air Ruay Kec.Mendo Barat Kab.Bangka
2.Lomba Dasawisma, Juara 1 Dasawisma Aster IV Desa Sijuk Kec.Sijuk Kab.Belitung
3.Lomba PAAR, Juara 1 Desa Bukit Ketok Kec.Belinyu Kab.Bangka
4.Lomba UP2K PKK, Juara 1 Kel.Sungailiat Kec.Sungailiat Kab.Bangka
5.Lomba Hatinya PKK, Juara 1 Desa Trubus Kec.Lubuk Besar Kec.Bangka Tengah
6.Lomba IVA Test, Juara 1 Kec.Sungailiat Kab.Bangka

*Lomba POKJA-POKJA*
1.Lomba Kader Kecamatan,
Juara 1 an. Aisyah sisylia,S.STP Kec.Pangkalan Baru Kab.Bangka Tengah
2.Lomba Kader Desa/Kelurahan, Juara 1 an. Fajar H.K.W, SIP Kelurahan Gabek Satu Kec.Gabek Kota Pangkal Pinang
3.Lomba Vlog PKBN, Juara 1 TP PKK Kec. Riau Silip Kab. Bangka
4.Lomba PAUD HI, Juara 1 PAUD KASIH IBU Desa Air Gantang Kec.Parit Tiga Kab. Bangka Barat
5.Lomba Rumah Kader AKU Hatinya PKK, Juara 1 an.Mahdiana Desa Senyubuk Kec.Kelapa Kampit Kab.Belitung Timur
6.Lomba Rumah Kader Ber-PHBS, Juara 1 an.Erna Rosida Desa Dukong Kec.Tanjung Pandan Kab.Belitung

*Lomba-Lomba Jambore Kader PKK*
1.Lomba Deville,
Juara 1 Kab.Bangka Selatan
2.Lomba Yel-Yel,
Juara 1 Kab.Bangka Selatan
3.Lomba Cerdas Cermat,
Juara 1 Kab.Bangka
4.Lomba Fashion Show,
Juara 1 Kab.Bangka
5.Lomba Drama Parodi,
Juara 1 Kab.Belitung Timur
6.Lomba Senam Ubur-Ubur,
Juara 1 Kab.Bangka

Seluruh pemenang pun berkumpul dalam puncak HKG Pkk di halaman kantor Gubernur. Kegembiraan dan kebanggaan terpancar dari wajah-wajah mereka. Dan hal tersebut akan menjadi semangat tersendiri bagi para kader PKK. (rel)