Kelestarian Tahura Bukit Mangkol Terancam oleh Maraknya Tambang Diduga Ilegal

BABELTERKINI.COM, BANGKA TENGAH – Kelestarian Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Mangkol Kabupaten Bangka Tengah terancam oleh banyaknya aktivitas penambangan yang di duga ilegal di kawasan tersebut. Bahkan parahnya lagi, tambang tersebut beroperasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mangkol yang merupakan area konservatif yang dikelola oleh bujang squad.

Padahal, Tahura merupakan kawasan pelestarian alam untuk koleksi tumbuhan dan satwa yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.

Berdasarkan fungsi ekologi, Tahura dapat mendaur ulang karbon melalui lebatnya pepohonan di kawasan tersebut. Sedangkan ditinjau dari manfaat hidrologi, Taman Hutan Raya dapat menjadi bagian dari siklus air sebagai penyimpan cadangan air tanah, membantu tata kelola air dan pelestarian sumber mata air.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pengelola Dinas lingkungan hidup Bangka Tengah, Lintas Wardati mengatakan, pihaknya sudah mengetahui informasi mengenai keberadaan tambang ilegal di kawasan Tahura.

“Sudah mendapatkan info penambang dari Gakkum, dan sudah meminta untuk tim mengecek kelapangan lalu sudah kordinasi dengan polsek simpang katisĀ  nanti pak saya juga menunggu laporan tim yang dilapangan soalnya saya belum tau posisinya,” kata Lintas Wardati saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kamis (21/04/2022).

Hingga berita ini ditayangkan, pihak-pihak terkait masih dalam upaya konfirmasi. (Bal)