Pastikan Keamanan Jelang Idul Fitri 1443 H Berjalan Baik, Kapolda Babel Cek Posko di Pangkalpinang

Foto Ist

Foto Ist

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Kondusifitas dalam rangka jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi atensi khusus bagi aparat keamanan di Bangka Belitung.

Guna memastikan hal tersebut, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra melakukan Patroli ke sejumlah Posko Pengamanan dan Pelayanan yang ada di Kota Pangkalpinang, Minggu (01/05/22) malam.

Patroli yang dimulai dari Mapolda tersebut turut diikuti oleh Forkopimda yakni Danrem 045/Gaya dan Danlanal Babel serta Kabinda Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengatakan bahwa patroli bersama Forkopimda ini dilaksanakan dalam rangka melihat situasi terkini jelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dalam Patroli ini juga, dikatakan Irjen Pol Yan Sultra pihaknya bersama Forkopimda Babel turut memantau Posko-posko Pengamanan dan Pelayanan yang ada di Kota Pangkalpinang.

“Kami keliling mengecek ke beberapa pos melihat bagaimana situasi jelang Idul Fitri terutama lalu lintas pada malam hari. Dan terus juga kepadatan tempat dimana posko berada apa ada kejadian atau tidak”kata Kapolda saat ditemui usai patroli.

Menurut Kapolda, pada saat patroli tidak ditemukan adanya kejadian yang menonjol yang terjadi. Selain itu dirinya juga mendapati laporan bahwa situasi lancar dan terkendali.

Meski demikian, Jenderal Bintang Dua ini memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau tempat keramaian hingga tempat ibadah.

“Semua tempat posko atau tempat keramaian dan ibadah akan terus kita lakukan pemantauan sampai besok. Juga Solat Id akan dijaga.”ungkapnya.

Lebih lanjut, terkait arus mudik di Babel khususnya jalur laut, Kapolda memastikan bahwa arus mudik di dua Pelabuhan di Bangka aman terkendali.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Pelabuhan Tanjung Kalian dan Pangkalbalam sudah terkendali dan tidak terjadi lagi antrian disana.

“Kita yakinkan pada malam hari ini yang di Tanjung Kalian ini semua sudah bisa menyebrang karena tadi saya dapat laporan masih padat artinya padat tidak seperti hari sebelumnya.”terangnya.

“Pangkalbalam tadi sudah sepi juga dan semua sudah bisa mulai menyeberang.”tambahnya.

Terakhir, Kapolda menghimbau masyarakat agar dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri ini dapat tetap selalu menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sehingga, dalam perayaan Hari Raya di Bangka Belitung ini bisa berjalan dengan lancar, baik dan tentram.

“Himbauan kami kepada masyarakat untuk tetap didalam merayakan hari raya idul fitri besok dan juga dalam silahturahmi tetap jaga prokes jaga kesehatan utamakan kesehatan dan keselamatan sehingga kita bersilahturahmi dalam keadaan aman dan sehat selalu.”himbau Kapolda.

Sementara dari pantauan tim, dalam Patroli Bersama tersebut, Kapolda bersama Forkopimda Babel melakukan pemantauan di Posko Pengamanan di BTC Pangkalpinang dan Posko Pelayanan di Bes Cinema Selindung Baru Kota Pangkalpinang. (rel)