Waspada Dini, Dinkes Kota Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Penyakit Hepatitis Akut

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang menggelar kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini Hepatitis Akut di masa pandemi Covid-19 di Terace Hotel, Semabung Lama Kota Pangkalpinang, Senin (23/05/2022)

Adapun kegiatan sosialisasi ini di gelar dalam rangka peningkatan pengetahuan tenaga kesehatan tentang penyakit hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Pangkalpinang, M.Hakim mengatakan kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka bentuk kewaspadaan dini terhadap penyakit hepatitis yang saat ini sedang marak, baik di nasional maupun internasional.

“Jadi pada hari ini kita melakukan kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini penyakit hepatitis karena sekarang memang lagi marak, hepatitis akut ini lagi marak di masyarakat dan bukan cuma di Kota Pangkalpinang, di nasional maupun di internasional sehingga kita mengumpulkan seluruh tenaga medis untuk waspada,” kata M. Hakim.

Hakim menyampaikan, secara data Kadinkes menunjukan saat ini hepatitis belum masuk. Namun demikian, dengan pengalaman pandemi covid-19 pemerintah harus tetap waspada.

“Memang sampai saat ini data hepatitis akut belum masuk belum ada data masuk. Namun, kita harus waspada, kita sudah pengalaman menghadapi Covid jadi mudah mudahan ini bisa kita tangani lebih cepat,” ujarnya.

Menurut dia, pencegahan hepatitis ini lebih mudah, caranya hanya melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi kalau dia sering cuci tangan, makan jajanan tidak sembarangan mudah mudahan itu mencegah penularan hepatitis ini tidak menyebar luas,” tandasnya (Oby)