Warga Dusun VII Cungfo Bangka Meriahkan HUT RI ke 77

BABELTERKINI.COM, BUKIT LAYANG – Semarak HUT RI yang ke 77 tahun sepertinya tak ingin di lewatkan warga Dusun VII Cungfo, Desa Bukit Layang,  Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka.

Hal ini pun, terlihat dari antusiasnya warga Dusun Cungfo dengan kekompakan warga serta pemuda bahu membahu agar terselenggaranya acara tersebut.

Seperti disampaikan Kuswadi Irawan yang akrab di sapa Iwan, menyampaikan jika kegiatan tersebut berkat kerja keras warga Dusun Cungfo.

“Meskipun tidak semeriah perayaan yang biasa di lakukan di setiap Desa, khususnya Dusun VII Cungfo namun acara tersebut tetap di laksanakan meskipun sederhana,” kata Iwan.

Dikatakannya, melihat kondisi di Dusun VII Cungfo yang terlalu sepi disebabkan tidak ada kegiatan maka tercetuslah ide tersebut.

“Dengan tekat dan semangat para pemuda dan warga Dusun VII Cungfo. Kami membuat proposal sumbangan kepada warga warga yang ada di Dusun VII Cungfo dan alhamdulillah, hasil dari sumbangan melalui proposal yang di edarkan para pemuda maka terkumpullah anggaran meskipun nilainya tidak begitu besar yang penting warga Dusun VII Cungfo merasa terhibur dalam memeriahkan HUT RI,” kata Iwan penuh bangga.

Lanjutnya, dari hasil sumbangan yang di kumpulkan tersebut ada beberapa kegiatan yang di laksanakan.

“Acara yang di laksanakan tersebut berupa tarik tambang, panjat pinang lomba joget, lari karung pakai helm, menjatuhkan bola kedalam kotak, pindah sagu pakai piring, makan kerupuk, joget balon beregu sedangkan untuk anak SD makan kerupuk, pindah bendera, bawa kelereng pakai sendok. Selain itu juga tingkat Paud pindah bendera dan pilih warna serta bulu tangkis,” kata Iwan.

“Pihak kita juga menyiapkan lapak-lapak kecil sebanyak 15 lapak untuk pelaku UMKM bagi warga setempat yang hasilnya untuk membantu perekonomian warga itu sendiri. Sehingga UMKM yang ada di wilayah Dusun VII Cungfo bisa menjajakan usahanya dengan harapan, kedepannya dapat berkembang serta mendapatkan perhatian dari pihak pemerintah,” tukasnya seraya mengucapkan terimakasih kepada warga Dusun V11 Cungfo.

Di tempat yang sama ,Agus Sugiawan selaku ketua pelaksana bulutangkis mengatakan kegiatan tersebut untuk hiburan warga Dusun VII Cungfo.

“Intinya kegiatan bulutangkis yang di laksanakan pada HUT RI ke 77 untuk hiburan warga antar RT yang ada di Dusun VII Cungfo saja. Kegiatan tersebut merupakan hasil dari pendaftaran para peserta yang di ikuti 11 pasangan Duoble dan 16 pasangan Singgel. Sedangkan untuk hadiah berupa tropi hingga juara 3 dan juara 4 serta juara harapan dan mengingat keterbatasan anggaran, penyerahan hadiah diberikan pada malam nanti seusai acara perlombaan karoke,” ucap Agus Sugiawan.

Sementara itu, Andry selaku mantan Kades Bukit Layang mengaku bangga atas kekompakan warga Dusun VII Cungfo.

“Ya tentunya saya merasa salut dan bangga atas kekompakan warga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa serta kerja keras para pemuda dalam menjalankan proposal sumbangan agar terlaksananya kegiatan HUT RI yang Ke 77. Meskipun kegiatan kali ini terbilang sederhana namun cukup menghibur warga ,” puji Andry.

Andry menambahkan jika kegiatan tersebut terlaksana berkat dari swadaya masyarakat setempat.

“Untuk kegiatan ini, kali ini tidak ada sama sekali mengunakan anggaran dana Desa dan ini murni dari sumbangan warga Dusun VII Cungfo. Untuk itu, atas kekompakan warga saya sangat bangga,” kata Andry. (Bus)