Sapa Peserta Pawai Baris Berbaris, Wako Molen Pesankan Mental yang Tangguh

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, sejumlah jalanan Kota Pangkalpinang dihiasi pawai baris berbaris tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan Tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen bersamai baris berbaris tersebut dari panggung kehormatan (depan Polsek Taman Sari Pangkalpinang) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Forkopimda Kota Pangkalpinang, Sabtu (26/08/2023).

“Alhamdulilah hari ini bisa kita laksanakan lomba pawai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Kita lihat antusiasme masyarakat sangat tinggi, hal ini terlihat banyaknya masyarakat yang menonton lomba pawai baris berbaris ini,” ujar Molen.

Molen meneruskan, ada filosofi dalam perlombaan baris-berbaris ini, yakni menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, meningkatkan rasa persatuan dan disiplin.

“Pawai ini juga bertujuan untuk membentuk masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme dan mental yang tangguh, serta meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Molen.

Selain itu, tambah Molen, juga bisa menguatkan jalinan silaturahmi dan persaudaraan serta hiburan untuk masyarakat. Ia mengajak untuk senantiasa mensyukuri dan meneruskan perjuangan para pahlawan untuk tetap kompak, solid dan bersatu dalam peringatan HUT RI ini.

Dalam pelaksanaanya, Molen senantiasa semangat memberi salam hormat serta menyapa para peserta lomba pawai baris berbaris.

Diketahui lomba baris berbaris dimulai dari 0 Kilometer (Alun-alun Taman Merdeka), menuju Penjara Lama (Polres Pangkalpinang), Simpang 4 Jalan Mentok Kerkhoff (Kuburan Belanda), SMPN 1 Pangkalpinang, Jalan Garuda, Kampung Bintang Bank Mandiri Simpang 4 Ramayana, hingga Finish di Jalan KH Abdul Hamid (Masjid Muhajirin). (rel)