Pemprov Harapkan Masyarakat Ogan Ilir Turut Serta Dalam Membangun Kepulauan Babel

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berharap masyarakat Ogan Ilir yang ada di Negeri Serumpun Sebalai, turut serta dalam membangun daerah, agar menjadi semakin baik.

Demikian disampaikan oleh Pj Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, dalam arahannya, saat pelantikan pengurus Paguyuban Masyarakat Ogan Ilir (PMOI), yang berlangsung di Gedung H Awi, Jalan Iso Kampung Keramat, Kota Pangkalpinang, Sabtu (9/9/2023).

“Kepulauan Babel ini merupakan provinsi yang didiami oleh multi etnis, dan berbagai macam agama, termasuk juga masyarakat yang berasal dari Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan,” kata Pj Gubernur Suganda.

“Walaupun demikian, masyarakat satu sama lainnya, dapat hidup rukun. Sehingga Kepulauan Babel ini terkenal sebagai daerah yang damai dan layak untuk dikunjungi sebagai daerah wisata,” imbuhnya.

Dalam kegiatan yang juga bertepatan dengan HUT ke 8 PMOI itu, Pj Gubernur Suganda berharap, keberadaan PMOI, dapat mengarahkan masyarakat Ogan Ilir yang ada di Kepulauan Babel, untuk turut serta berkontribusi aktif dalam mensukseskan pembangunan Negeri Serumpun Sebalai, supaya menjadi semakin baik.

“Dalam membangun daerah, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Keikutsertaan masyarakat, tentunya sangat diharapkan. Mudah-mudahan, masyarakat Ogan Ilir, khususnya yang berada di Negeri Serumpun Sebalai, bisa berkontribusi positif, baik di Pangkalpinang maupun Kepulauan Babel pada umumnya. Karena, banyak hal yang bisa kita perbuat untuk membangun daerah,” tuturnya.

Melanjutkan arahannya, Pj Gubernur Suganda mengungkapkan bahwa saat ini PLN sedang merancang pemasangan jaringan internet secara luas di Kepulauan Babel, guna menyongsong Babel Smart City.

“Saat ini, kita memiliki jaringan kabel bawah laut. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil, bisa mendapatkan jaringan internet secara gratis. Semoga Babel Smart City bisa segera terwujud,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, orang nomor satu di Kepulauan Babel tersebut, juga menyampaikan kabar, bahwa Kepulauan Babel mendapatkan penghargaan sebagai provinsi dengan limit pembangunan yang tertinggi di Indonesia.

Selain itu, lanjut Pj Gubernur Suganda, Kepulauan Babel juga meraih penghargaan dari pemerintah pusat, karena telah mengibarkan bendera yang terpanjang, pada peringatan HUT RI ke 78 tahun.

Mengakhiri arahannya, Pj Gubernur Suganda mengimbau PMOI, untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong (Hoax). Tak lupa, dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan selamat datang kepada Bupati Ogan Ilir berserta rombongan di Pulau Bangka.

“Saat ini, kita sedang berada di tahun politik, kemungkinan di luar sana banyak sekali berita-berita hoax yang bermunculan. Kami harap, rekan-rekan semua tidak mudah termakan dan terprovokasi dengan berita Hoax yang bisa saja bermunculan kapan saja,” pesannya.

“Untuk pak Bupati Ogan Ilir beserta rombongan, kami ucapkan selamat datang di Kepulauan Babel, semoga dengan kunjungan ini, bapak ibu sekalian bisa menikmati indahnya provinsi ini, sebagai daerah tujuan wisata, khususnya yang ada di Pulau Bangka,” tuturnya.

Sementara, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, berpesan kepada PMOI, untuk terus mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman serta memberikan kesan yang baik kepada siapa saja.

“Selain itu, jaga keharmonisan sesama paguyuban lainnya, karena kebersamaan merupakan modal utama dalam membangun suatu daerah,” tutup Panca Wijaya Akbar. (rel)