Kejaksaan Agung Geledah Kantor Distamben Babel

Caption: satu koper berwarna hitam diduga dokumen hasil penggeledahan kantor Distamben Babel diangkut ke mobil. (foto: dok)
Caption: satu koper berwarna hitam diduga dokumen hasil penggeledahan kantor Distamben Babel diangkut ke mobil. (foto: dok)

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Kejaksaan Agung RI diketahui saat ini sedang menggeledah kantor Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Bangka Belitung, Rabu (18/10/2023). Penggeledahan dilakukan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komunitas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2023.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan jika tak hanya kantor Distamben Babel saja yang dilakukan penggeledahan, Kejaksaan Agung juga menggeledah kantor PTSP.

“Penggeledahan di dua tempat kantor Distamben dan kantor PTSP juga,” ucap sumber tertutup.

“Sudah dari pagi tadi, lebih dari 6 orang dari Kejaksaan Agung,” ujarnya.

Terkait dengan hal ini, Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengaku belum mengetahui perihal penggeledahan yang dilakukan kejaksaan Agung di kantor Distamben Babel.

“Ada beberapa tempat yang sudah dilakukan penggeledahan namun untuk kantor Distamben Babel saya belum mendapat informasi itu, nanti kalau ada saya rillis,” kata Ketut saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sementara, dari hasil pantauan di kantor Distamben Babel, tampak mobil Inova berplat nomor B 2401 BKL keluar dari kantor Distamben Babel dengan membawa satu koper hitam yang diduga berisi dokumen hasil penggeledahan.

Terkait dengan hal ini, Sekretaris Distamben Babel, Yulius enggan berkomentar banyak, Ia mengaku kedatangan tim Kejaksaan Agung ke kantor Distamben Babel bukan penggeledahan.

“Ke pak Kadis saja ya. Bukan (penggeledahan-red), ke Pak Kadis ya,” singkatnya. (Oby)