LDII DPD Kabupaten Bangka Gelar Musda V

Mengusung Tema "Mewujudkan SDM Profesional Religius dalam Bingkai NKRI Menuju Indonesia Emas 2045"

BABELTERKINI.COM, BANGKA – Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kab upaten Bangka menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V DPD LDII Kabupaten Bangka, yang diikuti seluruh pengurus Pimpinan Cabang se-Kabupaten dan pengurus DPD Kabupaten Bangka.

Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka yang mengusung tema “Mewujudkan SDM Profesional Religius dalam Bingkai NKRI Menuju Indonesia Emas 2045” ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati M Haris AR, AP yang dilaksanakan di Hotel Manunggal Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis (16/11/23).

Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka ini, selain Pj Bupati Bangka juga dihadiri ketua DPRD Provinsi Kepulauan Babel, perwakilan Polres dan Kejari Bangka, PN Sungailiat, Kantor Kemenag, Pengadilan Agama, dan Kesbangpol serta Asisten ahli Ilmu Politik Setda Kabupaten Bangka, juga dewan penasehat dan ketua DPW LDII Provinsi serta para ketua DPD LDII Kabupaten/Kota yang diikuti lebih dari 100 peserta.

Ketua DPD LDII Bangka, Efri Rantos dalam sambutannya sangat mengapresiasi Pj Bupati Bangka M Haris atas perhatian dan kesediaannya untuk membuka acara Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka.

“Saya selaku ketua DPD LDII Kabupaten Bangka sangat berterima kasih atas kedatangan pak PJ Bupati di acara Musda ini. Kegiatan ini juga mendapat support dari beliau (Pj Bupati, red) sehingga kita dapat melaksanakan di Hotel Manunggal ini,” ucapnya.

Kepala Semansa Kota Pangkalpinang ini menjelaskan bahwa pelaksanaan Musda V DPD LDII Bangka mengusung tema “Mewujudkan SDM Profesional Relegius Dalam Bingkai NKRI Untuk Indonesia Emas 2045” beragendakan pemilihan pengurus untuk Priode 2023-2028.

“Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka ini wajib dilaksanakan, seperti organisasi lainnya. Selaku ketua saya harus mengantarkan terlaksananya musda hingga terpilih ketua yang baru. Ke Depan LDII bisa bersama membangun kabupaten Bangka,” tandasnya.

Pj Bupati Bangka, M Haris foto bersama undangan VIP dalam acara Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka di hotel Manunggal Sungailiat, Kamis (16/11/23).

Sementara Pj Bupati Bangka M Haris berharap pelaksanaan Musda V DPD LDII Kabupaten Bangka dapat berjalan secara demokratis dan baik melalui musyawarah dan mufakat.

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung penuh kegiatan Musda ini. Selain itu kita harapkan juga LDII Kabupaten Bangka akan terus melaksanakan kegiatan secara mandiri yang sejalan dengan program kerja Pemerintah Kabupaten Bangka. Kita harapkan LDII menjadi bagian Generasi Emas 2045,” ucapnya.

LDII sebagai umat islam untuk mempelajari dan mengamalkan serta menyebarkan agama islam secara murni berdasarjan Alquran dan Alhadist dengan latar belakang budaya masyarakat dalam bingkai Kesatuan Repblik Indonesia berdasarkan Pancasilan dan UUD 1945.

“Selain itu juga sebagai organisasi kepengurusan mulai dari tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten Kota sampai tingkat Desa. Siapapun yang terpilih sebagai ketua DPD LDII Kabupaten Bangka agar dapat membawa lebih baik lagi kedepannya dan memberikan kontribusi membantu Pemerintah dalam membangun Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPW LDII Babel Ari Sriyanto mengakui jika tema Musda DPD LDII Kabupaten Bangka dirasakan berat dimana warga LDII harus profesional dan religius.

“Musda V LDII Bangka ini luar biasa, para pejabat daerah hadir lengkap. Musda ini secara kebetulan, karena kami ( LDII – red usai melaksanakan RAKERNAS. Tema musda ini sangat berat, target LDII warganya harus profesional dan religius dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Ari Sriyanto juga menyampaikan keprihatinannya terhadap perang Palestina dan Israel dan sikap politiknya.

“Kami warga LDII menyampaikan unek – unek terkait masalah Palestina, kami himbau mari bersatu menghimpun donasi untuk saudara kita di Palestina. LDII ormas Islam sebagai pelayan umat, kita juga sebagai mitra pemerintah. Dunia politik LDII menganut Netral aktif yakni tidak memihak. LDII hanya bangun komunikasi karena LDII punya 8 program dimana hal tersebut tidak terlaksana tanpa didukung pemerintah dan pihak legislatif” jelasnya.

Dikatakannya, ada 8 program strategis ormasnya untuk mencapai tujuan sesuai tema musda.

“Program LDII ada 8 yakni Kebangsaan, keagamaan dengan dakwah yang sejuk , Pendidikan berdasarkan karakter, Kesehatan yaitu mendirikan rumah sakit, bimbingan kesehatan. Empat bidang kami persiapkan sesuai tema. ekonomi (koperasi berbasis masjid) ketahanan pangan ( tanam padi ), energi baru terbarukan dengan PLTS di pondok pondik pesantren,” pungkasnya. (red)