Disebut sebagai Tempat Peredaran Narkoba, Ini Kata Kepala KPLP Lapas Narkotika Kelas 1A Pangkalpinang

BABELTERKINI.COM, PANGKALPINANG – Kasus dugaan peredaran Narkotika di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak kunjung teratasi. Kendati hampir saban hari kabar terkait penangkapan pelaku penyalahgunaan barang haram tersebut menghiasi pemberitaan di media. Bukannya makin berkurang, kasus peredaran Narkotika justru semakin tak terbendung.

Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapas) Kelas 1 A Pangkalpinang yang diharapkan sebagai penjara bagi para pelaku penyalahgunaan Narkotika agar bisa terbebas dari pengaruh barang haram itu justru disinyalir menjadi tempat yang aman bagi para pelaku penyalahgunaan Narkoba.

Hal ini diketahui berdasarkan informasi yang didapat dari sumber tertutup yang menyebutkan bahwa peredaran Narkotika di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas 1 A Pangkalpinang kian masif dan terorganisir

“Banyak isue narkoba dari dalam lapas ni,” sebut sumber tertutup belum lama ini.

Tidak hanya itu, menurut sumber ini, kondisi Lapas justru dikendalikan oleh ‘Raja Narkoba’

“Belum lagi raja narkoba yang ngendalikan lapas,” sebutnya lagi.K

epala Keamanan Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Narkotika Kelas 1 A Pangkalpinang, Dedy yang berhasil ditemui di Lapas justru membantah perihal informasi tersebut. Dedy mengatakan jika kondisi Lapas Narkotika Pangkalpinang saat ini aman terkendali tanpa peredaran Narkoba.

“Kami dalam satu minggu rutin melakukan razia di kamar-kamar penghuni lapas. Target kami, HP, senjata tajam dan barang-barang narkotika. Kemudian tes urin seminggu sekali. Itu rutin kami gelar. Orang-orangya yang tes itu secara acak biar mampu kami mendeteksinya,” klaim Dedy saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (21/11/23).

Dedy juga mengatakan jika pihaknya secara rutin juga menggelar razia gabungan dengan melibatkan BNNP, BNNK, Pihak Kepolisian Polres dan Polsek serta Koramil.

“Giat giat itu selalu di ekspos di sejumlah media agar dapat diketahui publik,” sebutnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Babel masih diupayakan konfirmasinya terkait adanya dugaan maraknya peredaran Narkoba di Lapas Narkotika Kelas 1A Pangkalpinang. (red)