Pj Gubernur Babel : Inovasi Pertaniam Jadi Kunci Pengendali Inflasi

BABELTERKINI.COM, TANJUNG PANDAN – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA secara resmi membuka Rakor Koordinasi Daerah Badan Pusat Statistik (BPS) Sensus Pertanian untuk Provinsi/Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Sheraton Belitung Resort, Kecamatan Sijuk, Senin (27/11/2023).

“Dalam era disrupsi dengan perkembangan yang serba cepat dan dinamis, visi jangka panjang menjadi kunci untuk pembangunan yang berkelanjutan,” kata Pj Gubernur Safrizal dalam sambutannya.

Di tengah permasalahan yang dihadapi seperti kekurangan air dan fenomena cuaca El Nino yang dikhawatirkan berpengaruh pada produksi hasil panen padi, inflasi bahan pangan terutama beras menjadi persoalannyang masih membayangi, terutama di Provinsi Bangka Belitung.

“Saat ini kita sedang menggalakkan kepada para petani supaya melakukan beragam inovasi dalam mengelola pertanian serta melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi lahan sehingga dapat memperkecil rasio defisit pangan, lebih jauh kita dapat berswsembada sehingga inflasi dapat terkendali, kuat pula ketahanan pangan kita” ujar Safrizal.

Meskipun sekarang mengalami kekurangan air, namun dikatakan Pj Gubernur Safrizal masih bisa panen. Dari hasil survey kerangka sampel area (KSA) BPS luas panen padi di Provinsi Kep. Babel pada tahun 2023 diperkirakan sekitar 15,41 hektar, dengan total produksi padi pada tahun 2023 diperkirakan 65,50 ribu ton gabah kering giling, di mana ini mengalami peningkatan sebanyak 6,64 persen dibandingkan produksi padi di tahun 2022.

“Saat ini kita sedang menggalakkan kepada para petani supaya dapat melakukan beragam inovasi dalam mengelola pertanian serta melakukan alih fungsi lahan dalam pemanfaatan lahan yang ada, agar berhasil menghadapi tantangan saat ini,” tutur Pj. Gubernur Safrizal.

Lebih lanjut, dirinya berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi pertanian dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat serta mencukupi kesediaan dengan mengalihfungsikan lahan dari pertambangan ke pertanian.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kep. Babel ini menyuguhkan penampilan Tari Dayang Kepo yang menggambarkan bentuk gotong-royong dan kerja sama.

Turut hadir dalam kegitan ini, Bupati Belitung Sahani Saleh, Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga, serta beberapa pejabat struktural Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel. (rel)