Ukhuwah Islamiah Patut jadi Hal yang Diutamakan

BABELTERKINI.COM, SUNGAILIAT – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal ZA menyebut bahwa dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist Nabi (MTQH), ukhuwah islamiah patut menjadi hal yang diutamakan.

Demikian disampaikannya, saat Pembukaan MTQH ke-12, tingkat Provinsi Kepulauan Babel tahun 2023, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bangka, Minggu (26/11/2023).

“Meraih kemenangan dengan sportifitas tinggi dan mengejar gelar juara menjadi hal yang penting dalam perlombaan. Tapi perlu diingat, bahwa pelaksanaan MTQH ke 12 ini, tidak semata-mata wahana untuk berlomba membaca Al-Quran, tetapi juga sebagai jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran,” ucap Safrizal.

Safrizal mengatakan, pelaksanaan MTQH merupakan pengembangan syiar islam dan ikhtiar untuk terus mengagungkan kalam ilahi dan juga meneguhkan kesuciannya serta memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif dari kitab suci Al-Quran.

“Pelaksanaan MTQH ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” katanya.

“Generasi qurani tidak hanya sekedar sanggup membaca Al-Quran, tapi juga memahami isi dan kandungan agar nilai-nilai Qur’an bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya menambahkan.

Sementara, Pj Bupati Bangka, M Haris, mengatakan bahwa Al-Quran adalah sumber segala pengetahuan. Menguasai ilmu pengetahuan dan Al-Quran, kata dia, dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Hanya saja, lanjutnya, sebagian besar umat islam belum mampu menggalinya.

Lebih lanjut, Haris mengungkapkan bahwa melalui kompetisi tersebut, akan disaring Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah serta cendikiawan terbaik di Provinsi Kepulauan Babel, untuk selanjutnya mewakili Kepulauan Babel, di MTQH tingkat nasional.

“Selamat berkompetisi, tunjukkan segenap kemampuan saudara semaksimal mungkin, sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai harapan. Masing-masing saudara adalah insan terbaik yang memiliki potensi yang luar biasa,” ungkap Haris.

MTQH ke-12, tingkat Provinsi Kepulauan Babel tahun 2023, mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Tangguh dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat Bangka Belitung Sejahtera, Religius dan Berkarakter’, yang akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan.

Untuk diketahui, pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits Nabi (STQH) Tingkat Nasional di Jambi lalu, perwakilan Provinsi Kepulauan Babel meraih prestasi yang membanggakan, dengan berada di peringkat 10 besar, pada kompetisi tersebut. (rel)