Pj Gubernur Babel Hadiri Acara Halal Bihalal Belasan Ribu Warga Aceh Jabodetabek

BABELTERKINJ.COM, JAKARTA – Luar biasa, kalimat itu pantas disematkan kepada Masyarakat Aceh perantauan di Jabodetabek dan sekitarnya. Kegiatan silaturrahmi dan halal bihalal 1445 Hijriyah yang di gelar oleh Taman Iskandar Muda (TIM) di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur tidak hanya meriah, namun penuh dengan kebersamaan dan kekompakan. Acara yang berlangsung Kamis, 23 Mei 2024 ini dimulai sejak pagi hingga sore hari. Kekompakan masyarakat Aceh ini bukan saja disaat acara berlangsung, namun kegiatan meriah ini dibiayai dengan urunan gotong royong masyarakat serta sumbangan makanan dari elemen-elemen masyarakat dalam bentuk Kuah Beulangong (Kuali Besar) berupa kari sapi atau kari kambing khas Aceh.

Dr. Safrizal Zakaria Ali, putra Aceh yang kini menjabat sebagai Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung turut hadir dengan didampingi sang isteri tercinta, Safriati Safrizal, S.Si., M.Si. kehadiran Safrizal yang juga Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri ini menambah barisan kehadiran putra-putri Aceh yang kini menjadi Tokoh Nasional dalam acara silaturrahmi dan halal bihalal tersebut. Melalui media ini, Safrizal ZA menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya silaturrahmi dan halal bihalal perantauan warga Aceh Jabodetabek dan sekitarnya ini. Terlebih acara yang diselenggarakan oleh Taman Iskandar Muda (TIM) ini disambut sangat antusias oleh Masyarakat Aceh. Sekitar 12 ribuan Masyarakat hadir menikmati kuliner Aceh, Kuah Beulangoh dan kesenian tradisional. Seni dan Budaya begitu kental ditampilkan dalam acara tersebut, seperti Zikir, Barzanji dan dalail khairat, tari ranup lampuan, tari ratoh jaroe, tari tarek pukat, tari guel gayo, debus, hingga musikalisasi puisi oleh seniman dan sastrawan nasional, Fikar W Eda.

“Kita sama-sama mengapresiasi dan berharap PP TIM terus melaksanakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya. Kedepannya mungkin bisa mengundang organisasi-organisasi Masyarakat daerah dari Provinsi lain yang ada di Jakarta serta mengundang tokoh bangsa” ungkap Safrizal ZA ditengah kerumunan warga Aceh yang antusias meminta fhoto bersama.

Selain itu, sosok yang pernah menjabat Pj. Gubernur Kalimantan Selatan ini juga berharap masyarakat Aceh dalam kegiatan seperti ini dapat dijadikan momentum untuk saling bersinergi guna menciptakan harmonisasi masyarakat bersama Pemerintah, baik Tingkat Pusat maupun Daerah.

“Kita harus bersinergi dalam membangun Aceh, membangun negeri dengan nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal” ungkap alumni SMA Negeri 3 Banda Aceh dan peraih gelar Doktor dari IPDN ini.

Sebagai Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Negeri Serumpun Sebalai, yang dikenal harmoni antara masyarakat Melayu dan Tionghua, Safrizal ZA pun berharap kedepannya kegiatan Halal Bihalal Masyarakat Bangka Belitung dapat dijadikan momentum dalam menampilkan produk tradisi daerah guna menguatkan seni dan budaya adat Melayu dan Tionghua, menyatu dalam sinergi dan harmoni.

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Negeri Serumpun Sebalai, insya Allah akan kita kuatkan dengan sinergi dan harmoni melalui seni dan budaya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan” ungkap Safrzal ZA yang dilantik menjadi Pj. Gubernur Kepulauan Bangka pada November 2023 ini.

Dalam kesempatan ini, Dr. Safrizal ZA selaku Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Universitas Syiah Kuala juga menyaksikan penandatanganan perjanjian antara Universitas Syiah Kuala (USK) dan PP Taman Iskandar Muda (TIM) dalam pengelolaan aset USK.

Acara Silaturrahmi dan Halal Bihalal ini semakin meriah dengan kehadiran artis-artis asal Aceh seperti Ozy Syahputra, Teuku Edwin “Super Bejo”, Adi KDI, Akhsin Zaidi alias Axin Zay X Factor Indonesia, Cut Aja Rizka, Wafa Zulfikar, Teuku Rafli Pasya dan lain-lain. Selain Safrizal, ZA, tokoh-tokoh Aceh yang berkontribusi ditingkat nasional pun turut menghadiri kegiatan tersebut seperti: Mantan Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, Mantan Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar, Mantan Menterti Agama, Fachrul Razi, Mantan Pj. Gubernur Aceh, Tarmizi Karim, Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Anggota DPD RI dan juga mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh, Wadan Pusterad Mayjen Herianto Syahputra, mantan Pangdam Iskandar Muda Mayjen (Purn) Teuku Abdul Hafil Fuddin, Ketua DPRA Zulfadli, Anggota DPRA Ihsanuddun MZ. Selain itu tampak hadir Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR RI Nasir Djamil, Muslim, Husni Mustafa, mantan Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, pengusaha nasional asal Aceh, Ibrahim Pidie, Ismail Rasyid dan masih banyak lagi tokoh lainnya. (rel)